Buka Piala Dunia 2018, Rusia Lumat Arab Saudi 5-0

Buka Piala Dunia 2018, Rusia Lumat Arab Saudi 5-0

Pemain Rusia merayakan gol. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Tim Nasional (Timnas) Rusia membuka Piala Dunia 2018 dengan hasil manis. Melawan Arab Saudi pada matchday pertama Grup A, Kamis (14/6/2018) malam WIB, di Luzhniki Stadium, Rusia menang dengan skor telak 5-0.

Lima gol kemenangan Rusia dicetak oleh Yuri Gazinskiy di menit ke-12, Denis Cheryshev di menit 43 dan 90+1, Artem Dzyuba menit 71, dan Aleksandr Golovin 90+3. Dengan kemenangan Rusia ini, tradisi tuan rumah tak pernah kalah di laga pembuka Piala Dunia terus berlanjut.

Di luar dugaan, Sbornaya mengubah skema dasar mereka dengan menggunakan empat bek dalam formasi 4-2-3-1. Bek kawakan berusia 38 tahun, Sergey Ignashevich, langsung turun sebagai starter. Untuk lini serang, Fedor Smolov dipilih sebagai penyerang seorang diri.

Di kubu Arab Saudi, pelatih Juan Antonio Pizzi menerapkan skema lebih dalam formasi 4-5-1. Mohammed Al-Sahlawi ditunjuk sebagai juru gedor seorang diri, dengan ditopang oleh Salman Al-Faraj dan Taisir Al-Jassim. Sedangkan, Yahya Al Sehri dan Salem Al-Dawsari menyisir sektor sayap.

Arab Saudi tampak luwes ketika memulai laga, tetapi Rusia mengambil inisiatif pressing hingga daerah pertahanan lawan. Sepanjang 10 menit pertama, Rusia bisa membuat Arab Saudi tak bisa menembus kotak penalti.

Rusia mendapat peluang pertama di menit 11 lewat sepakan Alan Dzagoev yang membentur bek lawan dan menghasilkan sepak pojok. Satu menit berselang, Rusia akhirnya mencetak gol. Berawal dari umpan Aleksandr Golovin dari sisi kiri, Yuri Gazinskiy menyambut bola dengan sundulan yang tak bisa dijangkau kiper.

Arab Saudi yang tak bisa menyerang sepanjang 20 menit akhirnya mendapatkan peluang pertama di menit 22 lewat sontekan Al-Sahlawi yang masih tipis di sisi gawang. Petaka menimpa Rusia satu menit berselang karena Alan Dzagoev mengalami cedera dan diganti Denis Cheryshev.

Kehilangan Dzagoev berdampak kepada daya gedor Rusia dan sempat tertekan di menit 25 hingga 40. Namun, di menit ke-43 pergantian pemain yang dilakukan Rusia justru berbuah hasil manis karena bisa menggandakan kedudukan. Berawal dari serangan balik oleh Roman Zobnin, ia menyodorkan bola kepada Cheryshev dan menyelesaikannya dengan sepakan kaki kiri.

Di babak pertama, kedua kubu selalu gagal mengkreasikan peluang dari skema permainan terbuka dan kerap kehilangan bola. Arab Saudi bahkan tak melepaskan satu tembakan mengarah gawang. Sedangkan, Rusia bermain efektif dan memaksimalkan betul serangan balik, sehingga dua percobaan mengarah gawang berbuah jadi jadi dua gol.

Memasuki interval kedua, Arab Saudi mengambil inisiatif menguasai bola lebih lama. Selama 15 menit babak kedua berjalan, penguasaan bola Arab Saudi mencapai 60% berbanding 40%. Sayang, keunggulan ini tak dibarengi dengan krativitas yang membuat mereka nirpeluang, justru Rusia yang mengancam lewat sepakan Roman Zobnin, tapi ditepis Abdullah Al Muaiouf.

Memasuki menit 70, pelatih Stanislav Cherchesov memasukkan Artem Dzyuba menggantikan Smolov. Keputusan ini tepat, karena satu menit berselang Dzyuba mencetak gol ketiga Rusia lewat sundulan kepala usai menerima umpan silang Golovin.

Arab Saudi coba melawan di sisa waktu tersisa. Tapi, apa daya, Rusia yang justru menambah pesta mereka di masa injury time. Dua gol tercipta di masa tambahan tiga menit, pertama lewat sepakan kaki kiri Cheryshev dari luar kotak penalti dan tendangan bebas Golivin yang membuat Rusia akhirnya menutup laga dengan kemenangan 5-0.

Artikel Asli
Sumber: kumparan