Dewan Desak Pemko Pekanbaru Serius Kelola Anak Sungai

Dewan Desak Pemko Pekanbaru Serius Kelola Anak Sungai

Ronny Amril

PEKANBARU (WNC) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru mendesak Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru agar mengelola setiap anak sungai yang ada di Kota Pekanbaru dengan baik. Selama ini Pemko Pekanbaru dinilai hanya melakukan sistem tambal sulam terhadap beberapa anak sungai yang mengalami kerusakan infrastruktur.

Hal ini seperti disampaikan Roni Amril, Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Kamis (21/9/2017). Menurutnya, selama ini Pemko Pekanbaru belumlah berpikir panjang untuk mengelola anak sungai yang ada.

"Berapa infrastruknya yang belum ada? Berapa yang rusak dan maintance yang perlu perawatan. Ini harus menjadi perhatian pemerintah, ini yang tidak dilakukan. Selama ini hanya sistem tambal sulam, seharusnya hitung ada berapa anak sungai? Hitung berapa panjang? Apa infrastruktur yang dibutuhkan? Berapa lama pengerjaannya? Tapi pemerintah tidak berpikir sejauh itu," tuturnya.

Lanjut pria yang berasal dari Fraksi Golkar tersebut, apa bila Pemko Pekanbaru mengelola anak sungai dengan baik maka kemungkinan banjir yang diakibatkan oleh sungai sangat kecil.

"Kalau dikelola baik, tidak akan banjir, karena drainase sekunder (anak sungai, red) dan terisier bermuara ke drainase primer (Sungai Siak, red), ini jangankan sekunder, primer aja gak terkelola dengan baik," tutupnya, dilansir bertuahpos.com. (wan)