Isyaratkan Pensiun, Buffon Sampaikan Pesan Mengharukan

Isyaratkan Pensiun, Buffon Sampaikan Pesan Mengharukan

Gianluigi Buffon mengakui dia cukup takut memasuki masa pensiun, apalagi dalam waktu dekat kapten veteran Juventus ini mengumumkan mengenai kelanjutan masa depannya.

Memasuki usia 40 tahun, ia pernah memainkan 176 laga untuk Timnas Italia. Sebelumnya ia pernah mengatakan bahwa ia akan meninggalkan sepakbola pada akhir musim, kecuali Juve memenangkan Liga Champions dan Italia lolos ke Piala Dunia.

Namun secara dramatis, Juve harus tersingkir dari Liga Champions oleh Real Madrid dan Italia tak memperoleh tiket ke Piala Dunia Rusia. Meskipun demikian, musim ini tak terlalu suram bagi Buffon karena ia bersama timnya juga memenangkan gelar Serie A yang ketujuh serta Coppa Italia yang keempat secara berturut-turut.

1. Evalusi Kemampuan

Gianluigi Buffon, kiper Juventus.

Dilansir dari Sportskeeda, dalam wawancara eksklusif dalam acara talk show The Players 'Tribune, Buffon diwawancara oleh bek Barcelona, Gerard Pique. Ia mengatakan, ketika memasuki usia 40 tahun,  ia harus mengevaluasi terus kondisinya.

“Sangat penting bagi atlet seperti Anda dan saya untuk selalu memberikan yang terbaik. Kita harus berjuang untuk menjadi yang terbaik dan tetap di puncak. Anda harus sehat secara fisik, karena Anda tidak menginginkan hasil yang buruk,” ujarnya.

"Saya Buffon, dan itulah yang saya inginkan sampai menit terakhir. Dan ketika saya bukan diri saya lagi, saya akan pergi. Dalam beberapa bulan, saya telah bertemu dengan presiden Juve dan membicarakan hal ini,” jelas Buffon.

 

2. Suka Berada di Lapangan

Gianluigi Buffon saat sedang latihan.

Buffon mengatakan dirinya sangat senang ketika berada di lapangan namun tak masalah bila ia harus meninggalkan pekerjaannya kini.

"Saya senang bermain, karena saya suka atmosfer di lapangan. Bila suatu saat, saya tak bisa lagi bermain itu bukan masalah besar. Karena saya tahu pernah memiliki karier yang hebat pula,” ujarnya.

Buffon melanjutkan, "Saya berbohong bila saya katakan bahwa saya tidak takut bila harus berhenti. Tetapi jauh di lubuk hati saya merasa tenang dan damai. Pada hari saya berhenti bermain sepakbola, saya akan menemukan cara untuk membuat saya tidak bosan dan tetap sibuk.”

3. Mencintai Italia

Gianluigi Buffon saat membela Tim Nasional Italia.

Saat Pique bertanya, apakah seniornya pernah berpikir untuk berkarier di luar Italia, Buffon mengatakan hingga saat ini ia masih sangat mencintai Italia.

"Saya ingin karena saya suka berada di sekitar orang yang berbeda, cara hidup dan bagaimana mereka berpikir. Itu terdengar menarik. Namun jauh di lubuk hati saya merasa sangat Italia. Saya tahu Italia memiliki keterbatasan, tetapi kami tetap bisa membuat dunia tersenyum dan saya menyukainya,” tegas Buffon.

Ia melanjutkan, "Sebagai sosok dalam olahraga, saya tidak dan masih tidak ingin meninggalkan Italia selama saya tidak perlu melakukannya."

Artikel Asli
Sumber: INDOSPORT.com