Kenapa Doraemon Memilih Menjaga Nobita?

Kenapa Doraemon Memilih Menjaga Nobita?

Via Istimewa

Selama nonton serial kartun Doraemon, lo pernah enggak bertanya-tanya, kenapa cuma Nobita yang didatangi robot serbabisa? Kenapa bukan Shizuka, Giant, Suneo, atau diri lo? Enggak adil, 'kan?

Muncul beragam penjelasan dari penggemar. Mulai dari cerita asli hingga muncul beragam teori yang mendasari pertanyaan ini. Lo bisa menyimpulkan dan memilih alasan-alasan di bawah ini.

Nah, buat lo yang bertanya-tanya kenapa Doraemon memilih menjaga hidup Nobita dibandingkan karakter lainnya, semoga penjelasan di bawah ini mencerahkan lo.

 

Doraemon Dikirim oleh Sewashi

Via Istimewa

Sewashi adalah anggas (cicit dari cicit) Nobita. Dia mengirim Doraemon karena ngerasa nasib Nobita malang banget di masa lalu. Soalnya, hal itu bakal mempengaruhi nasib keturunan Nobita di masa depan. Dia pernah ngejelasin ke Nobita kalau di masa depan, Nobita bakal nikah dengan Jaiko (adik Giant), bukan Shizuka sang pujaan hatinya. Dia enggak punya pekerjaan yang layak. Sekalinya bikin usaha, bangkrut terus. Yap, seakan silsilahnya nanti jadi keturunan melarat.

Meski enggak ada akhir cerita yang resmi, banyak hal yang berubah sejak Sewashi mengirim Doraemon buat Nobita. Berkat Doraemon, nasib Nobita berubah 180 derajat. Nobita jadi orang sukses dan berhasil menikahi Shizuka. Keturunan Nobita pun hidup layak dan berkecukupan.

Misi Sewashi berhasil. Dia berhasil hidup lebih baik, sampai-sampai bisa mengadopsi robot pengasuh yang lebih canggih, Dorami, yang kemudian dikenal sebagai adik Doraemon. Meski begitu, enggak semua masa depan berubah. Sewashi, yang sebelumnya adalah keturunan Nobita-Jaiko, tetap lahir dari keturunan Nobita-Shizuka.

 

Apakah Perjalanan Waktu Legal?

Via Istimewa

Jika bisa mengubah nasib dengan perjalanan waktu, kenapa enggak ada hukum yang mengatur hal itu? Memang, semua yang dilakukan Sewashi benar-benar ngubah nasib Nobita yang seharusnya menikah dengan Jaiko jadi menikahi Shizuka. Namun, bagaimana kalau usaha itu bisa aja memengaruhi eksistensi Sewashi? Bisa aja, dong, kalau Sewashi enggak lahir ke dunia?

Sejauh ini, cuma penjahat antarwaktu yang yang jadi perhatian polisi waktu. Mereka dianggap terlalu berbahaya karena berusaha ngubah masa depan umat manusia dengan ngancurin masa lalu. Sementara, usaha yang dilakuin Sewashi memang enggak sepenuhnya buruk, tapi apakah itu legal?

Doraemon dan Sewashi. Via Istimewa

Bisa jadi, selama ini dia diam-diam menyelundupkan robot kucing tersebut tanpa sepengetahuan orang-orang. Pada nyatanya, toh, enggak ada anak-anak lain yang kedatangan robot dari masa depan.

Hal ini memang enggak pernah dijelaskan secara gamblang oleh kreatornya, Fujiko F. Fujio. Dia sengaja enggak bikin akhir dari kisah Doraemon secara jelas. Semuanya hanya disinggung dalam cerita pendek. Seperti, All the Way From the Country of the Future (2006), Goodbye, Shizuka-chan (1981), Nobita's the night Before a Wedding (1999), dan Goodbye, Doraemon (1972). Kemudian, semuanya dibikin kompilasi ceritanya dalam film animasi 3D, Stand by Me (2014).

 

Nobita adalah Penemu Robot Masa Depan

Via Istimewa

Banyak teori yang bermunculan tentang asal-usul dan akhir dari kisah serial ini. Salah satunya muncul teori dari penggemar yang dituangkan dalam karya manga menyerupai karya Fujiko F, Fujio. Saking kerennya, gambarnya mirip banget. Bahkan banyak orang yang mengira bahwa manga itu adalah kisah akhir kehidupan Nobita yang resmi.

Manga tersebut berkisah tentang Doraemon yang rusak dan enggak bisa diperbaiki lagi. Nobita yang merasa sedih, berniat memperbaiki robotnya dengan segala cara. Makanya, dia belajar giat hingga menjadi penemu robot. Diam-diam, dia mengembangkan teknologi untuk menciptakan robot masa depan dan memulihkan robot kucing miliknya. Bisa jadi, inilah alasan Nobita memiliki “hak khusus” untuk mendapatkan robot dari masa depan.

 

Semua Itu Hanya Khayalan Nobita

Via Istimewa

Selain teori-teori yang indah itu, muncul teori lain yang menyedihkan. Bagaimana kalau sebenarnya Nobita itu enggak benar-benar kedatangan Doraemon? Dia hanya seorang anak yang mengalami skizofrenia dan berkhayal bertemu dengan robot yang bisa mengabulkan semua permintaannya?

Kenyataannya bahwa sebenarnya dia enggak pernah bertemu dengan robot penyuka kue Dorayaki ini. Dia hanya seorang anak yang mengidap penyakit dan enggak bisa ngelakuin apa-apa. Makanya, dia berkhayal punya robot sekaligus sahabat yang bisa mengabulkan semua permintaannya.

***

Itulah teori-teori yag bisa dirangkum dari seluruh tayangan Doraemon. Nah, dari penjelasan di atas, mana versi yang paling bisa lo terima? Atau mungkin lo punya teori sendiri? Yuk, share di kolom komentar!

Artikel Asli
Sumber: Kincir.com