Mau Berkarier Go International? Yuk, Masuk Jurusan Bahasa!

Mau Berkarier Go International? Yuk, Masuk Jurusan Bahasa!

Saat ini pastinya kalian yang akan masuk jenjang SMA atau mungkin yang baru lulus kelas X sedang sibuk dan lagi galau mempertimbangkan pilihan jurusan yang akan diambil nanti, apakah IPA, IPS, atau Bahasa.

Nah, buat kalian yang lagi galau mau memilih masuk jurusan Bahasa atau tidak, jangan khawatir. Dalam artikel kali ini Quipper Blog akan berbagi seluk beluk jurusan Bahasa. Apa saja keunggulan jadi anak Bahasa dan masa depan karier anak Bahasa. Jadi, enggak usah berlama-lama lagi, langsung yuk kepoin pembahasan di bawah ini!

Keuntungan Masuk Jurusan Bahasa

Salah satu keuntungan jadi anak Bahasa adalah kesempatan kamu berbisnis dengan warga negara lain jadi lebih lancar. Bayangkan kalau kalian bisa mengobrol dengan lancar pakai bahasa mitra bisnis kalian. Tentu saja mereka jadi lebih senang dan komunikasi pun jadi lebih efektif, bukan?

Perkembangan di bidang media, teknologi informasi dan komunikasi menuntut komunikasi yang kaya akan berbagai bahasa. Dengan kemahiran berbahasa asing, kalian dapat meningkatkan peluang diterima berkarya di perusahaan asing impian kalian. Kemampuan berbahasa asing dengan baik juga menjadikan kalian lebih produktif di mata pemberi kerja dengan hubungan bisnis internasional.

Bahasa asing, terutama Inggris, masih menjadi pengantar utama di dunia ilmu pengetahuan. Mayoritas situs-situs acuan ilmiah masih menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Dengan demikian menguasai bahasa asing dapat dikatakan jadi tuntutan ilmiah tersendiri.

Belajar bahasa asing berarti membuka wawasan mengenai kehidupan, harapan dan impian orang di negara-negara berbahasa dan berbudaya lain. Dengan demikian, situasi ini memberikan kalian akses untuk memahami karya seni dan sastra mereka. Karya-karya mereka akan terasa semakin nikmat jika dibaca dan atau didengarkan dalam bahasa aslinya. Wisatawan dari negara berbahasa asing juga sering bepergian ke Indonesia. Tentu mereka akan sangat senang jika bertemu warga negara tujuan wisata yang ternyata mampu menggunakan bahasa mereka.

Eits, tapi enggak hanya Bahasa Inggris saja yang saat ini banyak digunakan sebagai bahasa pengantar, lho. Mengacu pada bahasa pengantar resmi yang digunakan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), bahasa pengantar yang artinya bisa dikomunikasikan langsung tanpa perlu diterjemahkan ke Bahasa Inggris adalah Bahasa Arab, Tiongkok, Rusia, Prancis, dan Spanyol.

Ragam Pilihan Profesi Anak Jurusan Bahasa

Pekerjaan yang mengandalkan kemampuan bahasa asing sebagai keterampilan utama, yaitu :

  • Penerjemah di perusahaan nasional dan internasional.

  • Pendidik/pengajar bahasa asing di lembaga/institusi pendidikan.

  • Bekerja sebagai staf di Konsulat atau Kedutaan besar asing.

  • Departemen Luar Negeri.

  • Diplomat untuk negara asing.

  • Peneliti Sastra & Budaya asing

  • Tour Guide bagi wisatawan asing.

Nah, dalam rapat-rapat besar PBB, memang saat berpidato wakil-wakil negara dapat menggunakan salah satu di antara keenam bahasa pengantar resmi yang sudah disebutkan di atas. Tapi, bukan berarti tidak butuh penerjemah lagi,. Penerjemah yang kompeten tetap dibutuhkan guna menerjemahkan enam bahasa tersebut ke bahasa ibu dari masing-masing negara anggota.

Pastinya kesempatan kalian yang anak Bahasa jadi lebih terbuka untuk masuk ke dunia kerja ini. Bayangkan kalau kamu mampu menerjemahkan salah satu bahasa tersebut kepada wakil delegasi Indonesia dan semua itu hanya karena kalian mempelajari bahasa terkait lebih lama sejak di SMA. Wah, keren banget pastinya!

Jadi bagaimana? Siap jadi sosok yang pintar banyak bahasa, mudah bergaul dengan warga dari berbagai negara asing, mengenal dan memahami seluk beluk nilai budaya asing, serta mampu mempererat hubungan antar negara? Atau bahkan mungkin berpetualang dan menjelajah langsung negara dari bahasa yang dipelajari? Well, kalau sudah siap, maka jangan ragu masuk jurusan Bahasa, ya! Si?! Many success, tchuss!

Artikel Asli
Sumber: Quipper