Seberapa Ampuh Operasi Sedot Lemak untuk Menghilangkan Lemak?

Seberapa Ampuh Operasi Sedot Lemak untuk Menghilangkan Lemak?

Sampai saat ini operasi sedot lemak masih jadi prosedur populer untuk memperbaiki bentuk tubuh. Banyak pasien mengaku senang dengan apa yang dihasilkan dari prosedur ini. Namun, sebenarnya seberapa ampuh operasi sedot lemak menghilangkan lemak di tubuh? Apakah manfaatnya lebih banyak daripada risikonya? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu operasi sedot lemak? 

Operasi sedot lemak atau dalam istilah medis disebut dengan liposuction adalah operasi bedah kosmetik untuk menghilangkan lemak di tubuh yang tidak hilang meski sudah melakukan diet ketat atau olahraga. Biasanya operasi ini dilakukan pada daerah-daerah rawan tumpukan lemak seperti paha, lengan, perut, dan pinggul, bokong, atau area wajah.

Operasi ini dilakukan di bawah pengawasan ahli bedah plastik dan dokter kulit. Seorang dokter bedah plastik berperan dalam bedah estetika dan rekonstruksi tubuh yang akan disedot lemaknya. Sementara seorang dokter kulit berperan dalam proses pemulihan pada bentuk dan hasil kulit pasien setelah operasi.

Lantas, seberapa ampuh prosedur ini untuk menghilangkan lemak di tubuh? 

Perlu diketahui bahwa operasi sedot lemak bukanlah perawatan untuk menurunkan berat badan. Operasi ini bertujuan menghilangkan timbunan lemak yang tidak bisa dibasmi dengan diet dan olahraga.

Seberapa ampuhnya prosedur ini untuk menghilangkan lemak di tubuh pada dasarnya tergantung pada masing-masing pasien. Hasil dari prosedur ini tidak akan langsung menghasilkan perubahaan yang fantastis dan instan. Bahkan Anda perlu diet ketat untuk melihat hasil akhir yang maksimal selama beberapa bulan.

Sel-sel lemak dalam tubuh Anda akan dihilangkan secara permanen selama prosedur operasi berlangsung. Namun, Anda bisa saja mengalami kenaikan berat badan dengan pertumbuhan sel-sel lemak yang baru. Jika berat badan Anda bertambah setelah operasi, lemak berpotensi besar dapat muncul di tempat-tempat baru dan tak terduga.

Biasanya hal ini disebabkan karena Anda tidak berkomitmen untuk menjalani pola hidup sehat, sehingga memicu penumpukkan lemak yang baru di tubuh.

Itu sebabnya penting bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat agar hasil dari operasi ini lebih optimal. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang yang meliputi karbohidrat, serat, protein, dan lemak sehat. Hindari produk makanan olahan yang tinggi gula dan garam. Yang tidak kalah penting, perbanyaklah olahraga ataupun aktivitas fisik.

Tidak semua orang yang kelebihan berat badan bisa melakukan prosedur sedot lemak 

Anda mungkin berpikir jika prosedur ini dapat dilakukan oleh semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang yang kelebihan berat badan bisa melakukan prosedur sedot lemak.

Ketika Anda memutuskan untuk menghilangkan lemak dengan cara disedot, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Harus dalam kondisi yang sehat 
  • Bukan perokok 
  • Tidak mengalami obesitas 
  • Berat badan Anda 30 persen lebih berat dari berat badan ideal tubuh Anda 
  • Tidak memiliki penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, darah tinggi, dan sistem imun yang lemah 
  • Memiliki elastisitas kulit yang baik 
  • Memiliki tonus otot yang baik 
  • Memiliki timbunan lemak yang tidak akan hilang dengan diet atau olahraga

Operasi sedot lemak memiliki risiko serius dan kemungkinan komplikasi, jadi penting untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum melakukan prosedur ini.

Artikel Asli
Sumber: HelloSehat.com