Masinton Soal Lockdown Jakarta: Jangan Ada Egoisme Pusat-Daerah

 Masinton Soal Lockdown Jakarta: Jangan Ada Egoisme Pusat-Daerah

Masinton juga mengatakan warga DKI sebenarnya telah siap dengan opsi apa pun, termasuk isolasi total atau lockdown untuk menghadapi wabah Corona ini.

TEMPO.CO, Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari daerah pemilihan DKI Jakarta II, Masinton Pasaribu meminta pemerintah pusat dan DKI Jakarta duduk bersama mempertimbangkan opsi isolasi total atau lockdown untuk menangani penyebaran wabah virus Corona atau Covid-19. Masinton meminta agar tak ada egoisme kebijakan di antara kedua pihak itu.

"Jangan ada egoisme kebijakan antara pemerintah pusat maupun pemerintah daerah DKI Jakarta," kata Masinton dalam keterangan tertulis, Kamis, 26 Maret 2020.

Masinton mengatakan keselamatan dan kesehatan rakyat harus menjadi perhatian utama. Dia menyinggung bahwa Jakarta menjadi episenter penyebaran virus Corona di Indonesia, yakni 463 orang positif dan 31 meninggal (per 25 Maret 2020). "Singkirkan egoisme, bangun sinergitas dan solidaritas antara pemerintahan pusat dan daerah."

Dia mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai kepala pemerintahan daerah di ibu kota harus mau mendengarkan dan melaksanakan arahan pemerintah pusat. Sebaliknya, kata dia, pemerintah pusat harus akomodatif mendengarkan aspirasi pemerintah daerah.

Loading...

"Belum terlambat asal kita mau mempersiapkannya secara profesional," kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini. Masinton mengatakan tak ada negara yang siap menghadapi pandemi Covid-19. Namun, berbagai negara melakukan langkah persiapan secara sigap dan cepat. Ia pun meminta pemerintah pusat dan DKI segera bersama-sama melakukan mitigasi tepat, terukur, dan efektif.

Seluruh sumber daya manusia dan sumber dana pemerintahan daerah, kata dia, harus dikerahkan untuk melindungi warga dari Covid-19. Layanan rumah sakit rujukan Covid-19 juga mesti diperbanyak, prioritas APBD untuk belanja barang peralatan medis dan alat pelindung diri tenaga medis di seluruh RS rujukan.

Masinton juga mendorong agar relawan medis dan paramedis diperbanyak. Seluruh pegawai dinas pemerintahan daerah DKI bersama aparatur kelurahan, RT, RW, dikerahkan untuk menyiapkan dapur umum dan mendistribusikannya ke wilayah padat penduduk.

Selain itu, masker dan hand sanitizer secara massal juga harus didistribusikan untuk yang membutuhkan. Masinton mengatakan Kepolisian dan TNI juga dapat membantu mengatasi masalah keamanan lingkungan. Dia yakin apa pun opsi pemerintah mendapat dukungan dan ditaati warga Jakarta jika persiapan tersebut sudah sungguh-sungguh dilakukan.

Masinton juga mengatakan warga DKI sebenarnya telah siap dengan opsi apa pun, termasuk isolasi total atau lockdown. "Rakyat menunggu persiapan dan kesiapan pemerintah pusat bersama pemerintah daerah DKI Jakarta."

Artikel Asli
Sumber: Tempo.co

Loading...