2 Cawagub DKI Pilihan PKS-Gerindra: Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu

2 Cawagub DKI Pilihan PKS-Gerindra: Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu

Dua Kandidat Calon Wakil Gubernur DKI Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Foto: Facebook/@H. Agung Yulianto SE, Ak. MKom

2 Cawagub DKI Pilihan PKS-Gerindra: Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu

Setelah menjalani serangkaian fit and proper test, PKS dan Gerindra telah menetapkan dua nama kandidat Wagub DKI Jakarta. Dari tiga nama yang diajukan, kedua partai sepakat mengajukan Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

“Bahwa dua nama yang akan disampaikan ke gubernur nanti insyaallah adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu,” kata Syakir berdasarkan keterangannya, Senin (11/2).

Sementara satu nama yang tak lolos dan diajukan adalah Abdurrahman Suhaimi yang merupakan Ketua Fraksi PKS DPRD DKI.

Syakir mengaku tidak asal menunjuk dua nama tersebut. Sebab, Agung dan Syaikhu merupakan nama rekomendasi dari kedua partai, yang telah melewati fit and proper test oleh tim panelis yang terdiri dari Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Syarif, Peneliti LIPI Siti Zuhro, Pengamat Politik Ubedilah Badrun, dan Pakar Kebijakan Publik Eko Prasojo.

“Jadi tidak ada faktor like and dislike, tapi memang 3 orang yang baik ini, sudah dilakukan pengujian melaluifit and proper test, FGD, dan terakhir dilakukan pendalaman pada malam Sabtu kemarin. Sehingga insyaallah sudah mewakili harapan dari posisi cawagub yang akan diisi,” ujar Syakir.

Syakir berharap dengan munculnya dua nama tersebut dapat membuat proses penentuan Wagub DKI pengganti Sandiaga Uno segera rampung. Hanya saja, sampai saat ini PKS masih menunggu konfirmasi dari Gerindra, sebelum menyerahkannya ke Gubernur DKI Anies Baswedan untuk diteruskan ke DPRD DKI.

“Dua nama tersebut menjadi acuan Gubernur Anies yang nanti suratnya kalau sesuai jadwal kesepakatan adalah hari Senin saat ini. Mudah-mudahan bisa diberikan gubernur dan gubernur akan berkirim surat ke DPRD DKI secepatnya,” ungkap dia.

“Dan sampai saat ini masih menunggu respons dari pimpinan Gerindra DKI Jakarta,” tambahnya.

Ketua DPD DKI Jakarta Partai Gerindra, M Taufik Foto: Herasmaranindar/kumparan

Sementara, Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik belum mau meneken dua nama cawagub hasil seleksi bersama tersebut. Dia beralasan masih di luar kota, namun keputusan Wakil Ketua DPRD DKI itu menentukan cepat tidaknya 2 nama ini diterima Anies.

Jika Anies sudah menerima, maka dua nama ini akan dibawa ke DPRD DKI untuk dipilih menjadi satu nama. Nama yang terpilih itulah yang akan dilantik menjadi wagub DKI di sisa periode.

Agung Yulianto merupakan seorang lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan mantan Auditor BPKP. Ia juga pernah menjadi Direktur PT Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI), yang merupakan salah satu perusahaan Bisnis Halal Network di Indonesia yang fokus pada produk-produk herbal.

Sedangkan Ahmad Syaikhu memiliki reputasi di bidang pemerintahan. Ia pernah menjadi Anggota Legislatif DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PKS tahun 2008-2013 dan menjabat Wakil Wali Kota Bekasi 2013-2018. Syaikhu juga maju dalam Pilgub Jawa Barat 2018 bersama Sudrajat.

Agung dan Syaikhu telah menjalani proses fit and proper test, salah satunya Focus Group Discussion (FGG). Beberapa kriteria dari FGD adalah integritas, pengetahuan dan pemahaman RPJMD, rekam jejak, relasi dengan DPRD, kecocokan dengan gubernur, akseptabilitas publik, dan mampu merepresentasikan partai pengusung.

Artikel Asli
Sumber: kumparan