308 Kabupaten/Kota Nihil Kasus Kematian Corona, 196 Wilayah Menuju Zona Hijau

308 Kabupaten/Kota Nihil Kasus Kematian Corona, 196 Wilayah Menuju Zona Hijau

dr Dewi Nur Aisyah Foto: BNPB

Pertumbuhan kasus virus corona di Indonesia setiap harinya masih cukup signifikan. Bahkan, sudah beberapa hari terakhir, penambahan kasus rata-rata sudah menembus angka 1.000 per hari.

Meski begitu, anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Dewi Nur Aisyah, mengungkapkan tidak semua wilayah di Indonesia terdampak penyebaran virus corona.

Hingga 21 Juni 2020, sudah ada 308 kabupaten dan kota yang tak ditemukan adanya kasus meninggal akibat virus corona. Total kabupaten/kota di Indonesia sebanyak 514.

Dua petugas medis memeriksa hasil dari sejumlah alat test rapid test COVID-19 di kawasan Pasar Seruni di Jalan Panglima Aim, Pontianak, Kalimantan Barat. Foto: ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

"Saya ingin mengingatkan bahwa sampai dengan pekan lalu per tanggal 21 Juni, terdapat 308 kabupaten kota yang tidak ada kasus meninggal COVID-19 sama sekali," ujar Dewi di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (25/6).

Loading...

Tidak hanya mencatat 308 kabupaten kota nihil angka kematian akibat virus corona, tim pakar juga sudah memetakan 196 wilayah yang berpotensi sebagai zona hijau. Dengan catatan, setiap daerah dapat menjaga angka penularan agar tetap berada di tingkat aman.

"Di luar tidak ada terdampak maupun tidak ada kasus baru. Itu artinya ada 196 kabupaten kota yang dapat menyusul untuk bergerak menjadi zona hijau," ungkap Dewi.

Selain itu, Dewi mengungkapkan sampai saat ini juga masih ada daerah dengan persentase penularan sedang hingga tinggi di Indonesia.

"Terdapat 30% dari kabupaten kota di Indonesia yang masuk ke dalam kategori risiko sedang, dan 11% yang masuk ke dalam kota dengan zona risiko tinggi," tutup dia.

=====

Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona

Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.

Artikel Asli
Sumber: kumparan

Loading...