8 Desain Wajah Sirkuit Mandalika NTB Tempat Digelarnya MotoGP 2021

8 Desain Wajah Sirkuit Mandalika NTB Tempat Digelarnya MotoGP 2021

Brilio.net - Pada tahun 2016 lalu, Indonesia dikabarkan akan berkesempatan menggelar MotoGP 2017. Sirkuit Sentul yang ada di Bogor saat itu didapuk menjadi lintasan balap yang akan dipakai. Namun otoritas penyelenggara MotoGP, Dorna Sport menyatakan Indonesia tidak dapat menjadi tuan rumah dengan alasan Sirkui Sentul belum memenuhi standar.

Setelah kegagalan tersebut, Indonesia kini kembali bersiap untuk menjadi salah satu dari tuan rumah MotoGP 2021. BUMN pengembang destinasi wisata terpadu, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dikabarkan sedang membangung sirkuit anyar.

Lintasan balap ini dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Rencananya sirkuit ini siap digunakan pada kejuaraan balap MotoGP tahun 2021. Mulai dari bulan Oktober tahun ini, ITDC sedang membangun pembentukan badan jalan.

"Ada beberapa terowongan juga yang harus dibuat, sehingga nanti akhir tahun 2020 uji kelayakan. Setelah itu nanti diputuskan kita ikut race Maret atau Oktober 2021," kata Direktur Konstruksi dan Operasional ITDC, Ngurah Wirawan seperti brilio.net kutip dari laman antaranews pada Kamis (21/2).

Sementara itu mulai beredar foto proses pembangunan dan desain wajah Sirkuit Mandalika di media sosial. Akun Instagram @sea.infra turut membagikan potretnya.

Penasaran penampakannya seperti apa? Berikut ini deretan potret desain dan fakta dari Sirkuit Mandalika seperti brilio.net lansir dari akun @sea.infra, Kamis (21/2).

1. Begini kira-kira tampak atas dari sirkuit anyar yang ada di NTB.

2. Sirkuit Mandalika rencananya dibangun untuk menggelar MotoGP 2021.

3. Lintasan balap ini dibangun sepanjang 4,32 kilometer.

4. Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer mengatakan, dengan adanya MotoGP di Indonesia diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan sebanyak 100 ribu - 150 ribu per hari.

5. Mansoer juga mengungkapkan Sirkui Mandalika akan menawarkan panorama indah laguna, solar cell farm, lapangan golf sampai Samudera Hindia.

6. Pembangunan infrastruktur di KEK Mandalika, termasuk untuk sirkuit jalan raya, membutuhkan investasi sebesar Rp 4,54 triliun.

7. Tentunya masyarakat Indonesia berharap ini bisa menjadi obat saat kegagalan menggelar balapan MotoGP 2017 lalu di Sirkuit Sentul.

8. Wah, jadi tidak sabar nih!

Artikel Asli
Sumber: Brilio.net