Aksi Camat Payakumbuh Utara Dalam Menyemangati Warga Ikut Vaksinasi, Terharu Dengan Lansia

Aksi Camat Payakumbuh Utara Dalam Menyemangati Warga Ikut Vaksinasi, Terharu Dengan Lansia

Payakumbuh --- Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni memiliki cara yang unik untuk memotivasi warga mengikuti vaksinasi Covid-19. Selain aktif turun ke lapangan melaksanakan monitoring ke kantor-kantor lurah yang dijadwalkan melakukan vaksinasi, Camat wanita satu-satunya tersebut juga melakukan siaran langsung atau live streaming di media sosial facebooknya.

Loading...

Di kantor Lurah Ikua Koto Dibalai contohnya, Rabu (2/6). Camat yang energik itu tampak terus berdialog bersama warga, menanyakan seputar proses vaksinasi yang mereka ikuti dan apa efeknya kepada mereka. Camat yang akrab disapa Defi itu juga mengaku terharu dengan warga lanjut usia (lansia) yang tidak memiliki keraguan sedikitpun untuk divaksin.

"Bahkan ada lansia yang ikut vaksinasi untuk ke dua kalinya, artinya mereka siap menerima dosis kedua. Mereka datang ke tempat vaksinasi atas kesadaran diri pribadi tanpa dipaksa, kita sangat salut sekali," ujarnya.

Warga yang ikut terbawa suasana tampak luwes bercengkrama dengan pejabat Pemko yang berdomisili di Nagari Koto Nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara itu. Camat juga senantiasa menjelaskan hal-hal penting kepada warga yang masih ragu untuk vaksin.

"Jadi yang masih belum ikut karena takut jarum suntik ya? bukan sama vaksinnya?" tanya camat kepada warga didampingi Sekcam Rudi Arnel dan Lurah Yeki Maiyendri.

Sontak ibu-ibu lansia tertawa dengan celetuk camat. Sebagian besar diantara mereka mengaku sengaja datang ikut vaksin karena memiliki harapan yang sama dengan Wali Kota Riza Falepi, yaitu mewujudkan Payakumbuh ke zona hijau.

"Sudah banyak meninggal karena Covid-19 yang rata-rata lansia, ikut vaksinasi ini adalah bentuk ikhtiar kita dalam menghadapi pandemi ini, semoga Allah selalu melindungi kita," kata ibu-ibu lansia di lokasi vaksinasi.

Sementara itu, Siti Rahma (44) warga Lingkungan Muaro mengatakan mereka mendapatkan informasi vaksinasi sebelumnya telah diumumkan di mesjid, himbauan itu berisi informasi dimana lokasi vaksinasi dilaksanakan dan dihimbau untuk warga yang berumur 18 tahun keatas. Tapi saat ini memang banyak lansia yang datang.

"Lansia adalah orang-orang yang rentan terkena gelaja parah bila terpapar Covid-19, dengan mengikuti vaksinasi mereka bisa lebih kuat daya imunnya," kata Siti.

Loading...