Beberapa Tempat yang Identik dengan Paskah Selain Larantuka

Beberapa Tempat yang Identik dengan Paskah Selain Larantuka

Menyambut libur Paskah yang akan berlangsung Jumat (19/4), sebagian besar warga sudah sibuk memesan tiket untuk memanfaatkan momen libur panjang.

Salah satu tempat yang selalu mendapat sorotan saat Paskah adalah Larantuka di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Larantuka kerap menjadi perhatian utama karena rangkaian Semana Santa atau pekan suci, yang merupakan sebuah perayaan liturgi dan devosi umat Katolik di sana.

Bahkan setiap tahunnya, banyak wisatawan asing antusias mengikuti ritual rohani yang merupakan salah satu peninggalan bersejarah dalam sejarah umat Kristen-Katolik tersebut.

Namun selain Larantuka, Indonesia masih memiliki beberapa lokasi yang identik dengan paskah. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Bukit Kasih merupakan salah satu objek wisata di Sulawesi Utara. Terletak di 50 km sebelah selatan Manado, tepatnya berada di desa Kanonang, Kabupaten Minahasa.

Tempat ini disebut Bukit Kasih karena di situlah orang-orang dari berbagai agama dapat berkumpul dan berdoa sesuai dengan kepercayaan agama mereka sendiri dalam harmoni dan damai.

Selain itu, Bukit kasih merupakan simbol perdamaian dan kerukunan antar umat beragama. Ada lima rumah ibadah di sini yaitu sebuah gereja Katolik, gereja Kristen, vihara, sebuah masjid, dan kuil Hindu.

Pada pintu masuk Bukit Kasih terdapat sebuah tugu toleransi setinggi 22 meter. Di dalam tugu tersebut terdapat kutipan simbol dan kutipan dari masing-masing agama.

Tugu ini juga merupakan monumen untuk mengingatkan akan toleransi dalam kehidupan beragama.

Kemudian di puncak pertama terdapat salib putih setinggi 53 meter. Selain itu, tempat ini diyakini sebagai tempat asalnya asal suku nenek moyang Minahasa, Toar dan Lumimuut. Wajah mereka diukir di lereng bukit di bawah puncak kedua

Salib Kasih, Tarutung

Salib Kasih yang merupakan marka tanah Kota Tarutung, Sumatera Utara, merupakan sebuah monumen berupa salib dengan ukuran yang besar.

Tempat ini dibangun pada Oktober 1933, diperuntukkan mengenang jasa dari misionaris Kristen asal Jerman, Ingwer Ludwig Nommensen.

Susana sekitaran Salib Kasih juga sejuk dan masih asri. Banyak pohon pinus yang mengelilingi lokasi Salib Kasih menjadikan udara di sekitarnya masih segar dan alami.

Selain tempat berdoa, Salib Kasih juga diyakini sebagai tempat tinggal dari Sombaon yang dipercaya oleh masyarakat Batak sebagai roh alam dengan kedudukan tertinggi.

Sombaon dipercaya yang memberikan nasib buruk dan nasib baik bagi masyarakat setempat. itu sebabnya Sombaon termasuk salah satu yang ditakuti.

Gua Maria Pohsarang, Kediri

Gua Maria Lourdes Pohsarang, adalah salah satu tempat ziarah agama Katolik yang terletak di kompleks Gereja Pohsarang, Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Atau sekitar 10 km ke arah barat daya Kota Kediri.

Gereja Puhsarang didirikan atas inisiatif dari Romo Jan Wolters CM dengan bantuan arsitek terkenal waktu itu, Ir. Henricus Maclaine Pont pada tahun 1936.

Dinamakan Gua Maria Lourdes sebab dalam gereja yang lama terdapat tiruan Gua Lourdes di Prancis, dalam bentuk yang kecil.

Gua ini terletak di lereng Gunung Wilis dan berada pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara antara 21-25 derajat celcius.

Artikel Asli
Sumber: CNN Indonesia