BNPB Sebut 457 KK dan 300 Rumah Terdampak Banjir Belitung

BNPB Sebut 457 KK dan 300 Rumah Terdampak Banjir Belitung

Bencana banjir melanda wilayah Tanjung Pandan, Bangka Belitung, pada Jumat (6/12). Sebanyak 457 kepala keluarga (KK) dan 300 rumah pun terdampak.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo menyatakan bencana itu disebabkan intensitas hujan yang tinggi selama kurang lebih jam pada pagi hari tadi.

Dia menerangkan bahwa daerah terdampak banjir meliputi Kelurahan Parit dan Kelurahan Kampung Damai. Menurutnya, berdasarkan laporan sementara hingga pukul 12.30 WIB diketahui jumlah korban terdampak sejumlah 457 kepala keluarga.

Agus menyebut kondisi hujan saat ini sudah reda dan air sudah surut sejak pukul 12.30 WIB.

Loading...

"Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Belitung dan unsur terkait antara lain pemadam kebakaran, tentara, polisi, dan warga sudah turun ke lapangan dan melakukan penanggulangan," tutur Agus.

Meski sudah surut, Kepala Bidang Kedaruratan badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Aswind, menyebut tim BPBD, TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, dan warga tetap siaga mengantisipasi banjir susulan. Pasalnya, hujan masih berpotensi turun.

"Saat ini tim sudah menyiapkan perahu karet, pelampung, ring buoy, dan peralatan lainnya untuk mengantisipasi banjir susulan," kata dia, dikutip dari Antara.

"Dalam beberapa tahun terakhir, banjir kali ini di Belitung merupakan bencana yang terparah karena saluran air tidak mampu menampung curah hujan lebat ditambah pasang air laut yang tinggi," tandasnya.

Artikel Asli
Sumber: CNN Indonesia

Loading...