BREAKING NEWS: Melonjak 1.624, Positif Corona di RI Kini 59.394

BREAKING NEWS: Melonjak 1.624, Positif Corona di RI Kini 59.394

Petugas medis menunjukkan alat swab spesimen untuk test virus corona. Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

Kasus positif COVID-19 di Indonesia terus bertambah. Dalam 24 jam, Kamis (2/7), pemerintah mengumumkan penambahan 1.624 kasus positif corona.

"Sehingga total pasien hingga hari ini sebanyak 59.394," ujar juru bicara pemerintah untuk penanganan corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Graha BNPB.

Hasil positif itu didapat dari uji spesimen melalui metode usap dahak real time Polymerase chain reaction (PCR) dan Tes Cepat Molekuler (TCM). Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 memastikan tes PCR maupun TCM per 28 Juni sudah meningkat, di kisaran 18-20 ribu per hari.

Petugas medis dengan APD lengkap bersiap untuk mengambil sampel swab dari warga di pasar tradisional di Bogor, Jumat (8/5). Foto: REUTERS / Willy Kurniawan

Presiden Jokowi memang menargetkan Indonesia bisa melakukan 20 ribu tes, bahkan hingga 30 ribu tes per hari. Tes massif dan pelacakan agresif diperlukan untuk mendeteksi dini orang-orang yang memiliki virus corona di dalam tubuhnya namun masih berkeliaran di luar rumah.

Loading...

Sayangnya, angka rata-rata 18 ribu-20 ribu tes per hari itu tak sebanding dengan jumlah orang yang diperiksa, bahkan kerap hanya mencapai setengahnya (9 ribu-10 ribu orang). Artinya, satu orang bisa melakukan tes swab lebih dari sekali.

Artikel Asli
Sumber: kumparan

Loading...