Cegah Pungli dan Gratifikasi, Posko UPP Satgas Saber Pungli Hadir di Mall Pelayanan Publik Kota Payakumbuh

Cegah Pungli dan Gratifikasi, Posko UPP Satgas Saber Pungli Hadir di Mall Pelayanan Publik Kota Payakumbuh

PAYAKUMBUH,Mediariau.com

Loading...

Posko Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan aduan terkait adanya informasi praktik pungli oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kepada masyarakat, siapa saja yang memiliki informasi terkait pungutan liar dan gratifikasi agar segera melaporkan ke Posko yang telah kita sediakan di MPP ini

Hal tersebut disampaikan Pj.Walikota Payakumbuh Rida Ananda  saat peresmian Posko Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Satgas Saber Pungli di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Payakumbuh, Senin,(30/1/23).

Hadir dalam kesempatan itu Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari, Kepala Kejaksanaan Negeri Payakumbuh Suwarsono, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, Wakapolres Kompol Russirwan selaku Ketua Satgas Saber Pungli Kota Payakumbuh dan sejumlah unsur Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

1675094726-MediaRiau com-WhatsApp Image 2023-01-30 at 20 15 53

Walikota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan, hadirnya Posko UPP Satgas Saber Pungli tersebut juga dalam rangka kegiatan pencegahan terhadap pungli dan gratifikasi di Payakumbuh.

“Mudah-mudahan ini dapat dimanfaatkam oleh masyarakat sebagai tempat pengaduan. Jika ada yang didapatkan dan jadi korban segera laporkan,” ujarnya.

Sementara itu Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari mengatakan pihak kepolisian sangat mengapresiasi langkah menghadirkan Posko UPP Satgas Saber Pungli tersebut.

“Karena Posko ini akan dapat mendukung kerja Satgas Saber Pungli sehingga bisa bekerja dengan maksimal dalam mencegah penyimpangan,” kata dia.

Kapolres juga mengatakan akan terdapat beberapa kegiatan atau langkah yang akan dilaksanakan dari mulai pencegahan sampai dengan penindakan. “UPP Satgas Saber Pungli ini akan melibatkan banyak pihak mulai dari Inspektorat, Kejaksaan dan tentunya kita dari kepolisian,”ujarnya.

1675094828-MediaRiau com-WhatsApp Image 2023-01-30 at 20 15 53 (1)

Selaku Ketua Saber Pungli Kota Payakumbuh Wakapolres Kompol Russirwan dalam sambutanya mengatakan, tahun ini adalah tahun yang paling kita tunggu-tunggu karena di tahun keenam Unit Satgas Saber Pungli memiliki Posko sebagai pusat kegiatan Tim Saber Pungli Kota Payakumbuh.

Kehadiran Posko yang sangat dibutuhkan oleh Tim Saber Pungli sangat mencerminkan kepedulian Pj.Walikota Payakumbuh beserta jajarannya dalam mengapresiasi tugas Tim Saber Pungli di Kota Payakumbuh dalam rangka memenuhi amanat Undang-Undang dengan pembiayaan kegiatan berasal dari APBD Kota Payakumbuh melalui DPA Inspektorat Kota Payakumbuh.

“Untuk semua support Pemerintah Daerah kepada pelaksanaan tugas tim Saber Pungli sejak Tahun 2017 hingga sekarang, Saya selaku Ketua Pelaksana Kegiatan UPP Saber Pungli Kota Payakumbuh memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pj.Walikota beserta jajarannya semoga darma bakti kita untuk masyarakat, bangsa dan negara menjadi amal ibadah di mata Allah.”ungkapnya.

Lebih lanjut Kompol Russirwan menuturkan, selama masa pandemi kegiatan UPP Kota Payakumbuh tetap berjalan sebagaimana tuntutan DPA Inspektorat Kota Payakumbuh telah banyak kegiatan UPP Saber Pungli yang telah dilakukan selama kurun enam tahun.

Mulai dari rapat koordinasi, sosialisasi, E-Mobile, pemasangan spanduk di titik-titik rawan pungli,pembagian stiker anti pungli kepada masyarakat, pemasangan benner di OPD Pelayanan Publik sampai studi tiru ke Kab-Kota di Sumbar, bahkan melakukan konsultasi kasus ke UPP Saber Pungli Sumbar di Polda telah menjadi rutinitas dan merupakan program kerja Tim Saber Pungli Kota Payakumbuh.

1675094875-MediaRiau com-kompol russirwa

“Selaku Ketua UPP Saber Pungli Kota Payakumbuh yang baru mengemban tugas ini sejak September 2022 siap melanjutkan program kegiatan UPP Saber Pungli,” ujar Kompol Russirwan.

Kompol Russirwan berharap support dan bantuan dari Pj. Walikota Payakumbuh beserta jajaran agar program kerja Tim Saber dapat berjalan sesuai harapan kita bersama dalam mengawal jalannya pembangunan di Kota Payakumbuh yang bebas pungli.

Selain itu Kompol Russirwan juga berharap  keaktifan seluruh anggota tim Saber Pungli Kota Payakumbuh tahun 2023 yang telah ditetapkan dengan Surat Keputusan Pj. Walikota Payakumbuh Nomor: 700.1/54/Wk-Pyk/023 tanggal 27 Januari 2023 agar support materil dan immaterial dari Pemerintah Kota Payakumbuh dapat kita manfaat dengan sebaik-baiknya.

Dengan telah adanya Posko UPP Saber Pungli kegiatan dan program kerja selama 2023 akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dalam memberantas pungli selama kurun 6 tahun hadirnya Tim Saber Pungli di Kota Payakumbuh dengan keterbatasan anggaran yang ada telah membuat Kota Payakumbuh “Zero Pungli, ” imbuh Russirwan.

Selaku Ketua UPP Saber Pungli Kota Payakumbuh Kompol Russirwan berharap semoga seluruh kegiatan yang dilakukan di bawah pimpinan Wakapolres Kota Payakumbuh dan didanai oleh APBD Kota Payakumbuh melalui DPA Inspektorat Kota Payakumbuh dan dengan support yang penuh dan Pj. Walikota Payakumbuh maka awal tahun 2023 telah tersedia Posko UPP dan sekaligus terwujudnya Aplikasi ‘Whistle Blower System (WBS).’ Pengaduan dari Inspektorat bersama Dinas Kominfo yang akan dikelola oleh Tim saber Pungli.”tungkasnya.

Sekaitan dengan pencegahan, pihaknya akan memperbanyak melaksanakan sosialisasi ke seluruh unit pelaksana teknis daerah (UPTD) sehingga nantinya tidak ada lagi penyimpangan dalam pelaksanaan seluruh pelayanan. (Ryo Briges)

Loading...