Cerita Sandi Jaga Diri Seolah Sudah Terinfeksi Corona

Cerita Sandi Jaga Diri Seolah Sudah Terinfeksi Corona

Sandiaga Uno saat launching buku #kamioposisi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno mengaku sempat disarankan melakukan tes corona, setelah mengalami flu yang cukup berat beberapa waktu lalu.

Dia terkena flu setelah pulang dari Jepang hingga Singapura sebelum virus corona masuk ke Indonesia. Dia pun memutuskan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah sejak 6 Maret lalu.

"Saya pulang dari Jepang, lalu ke Malaysia, Singapura, lalu ke sini terakhir pulang saya kena flu. Flunya ini lebih berat dari sebelumnya. Saya minum obat diberikan dokter dan saya mulai ada di rumah tanggal 6 Maret. Saya sendiri banyak yang menyarankan tes corona," kata Sandiaga Uno kepada wartawan melalui teleconference, Kamis (26/3).

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno memberikan ambutan pada Rakerda Partai Gerindra di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Minggu (26/1). Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan

Meski demikian, Sandi menolak saran untuk melakukan tes corona. Sebab, dia ingin agar tes dilakukan bagi masyarakat yang memang memiliki risiko lebih besar.

Loading...

"Tapi saya melihat lebih harus diberikan prioritas ke masyarakat lansia, kemudian saudara-saudara kita yang rentan, seperti misal yang asma, diabetes, paru-paru. Sampai nanti situasi test kit sudah lebih available dan kasus corona menurun, saya ingin yang dites adalah yang rentan," ujarnya.

Bersikap sebagai Pasien Corona

Saat ini, mantan Wagub DKI itu merasa kondisinya telah pulih dengan menjalankan pola hidup sehat. Sandi selalu memposisikan diri sebagai seorang yang terinfeksi corona agar terus memperhatikan kesehatan.

"Saya menjaga (kesehatan) secara hati-hati. Mencuci tangan, jaga kesehatan, menjaga interaksi dengan orang, sudah tidak melakukan meeting, tidak menerima undangan," kata dia.

Aksi Sandiaga Uno bermain basket di Lapangan bola basket Kemenpora, Jakarta, Sabtu (15/9/2018). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Sandi juga meminta kepada masyarakat yang kerap bertemu dengan orang banyak untuk melakukan social distancing sembari terus menjaga kesehatan.

"Saya menganggap karena saya banyak travel (berpergian) dan bertemu orang, saya sangat mungkin saya terjangkit. Jadi kita yang meski sudah melewati masa flu dan sekarang sehat, kita disiplin saja jaga kesehatan dan social distancing," imbau dia.

Sandi memang dikenal sebagai tokoh yang kerap mengkampanyekan pola hidup sehat dan berolahraga. Ia selalu aktif melakukan jogging, basket, hingga renang.

--------------------------

kumparanDermamembuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!

Artikel Asli
Sumber: kumparan

Loading...