Cerita Tania, Siswa SMAN 4 Surakarta Yang Terpilih 'Gantikan' Sri Mulyani jadi Menkeu Selama Sehari

Cerita Tania, Siswa SMAN 4 Surakarta Yang Terpilih 'Gantikan' Sri Mulyani jadi Menkeu Selama Sehari

HAI-online.com - Pasti lo tau dong kalau beberapa waktu lalu ada kontes #GirlsTakeOver yang pemenangnya dikasih kesempatan 'ngegantiin' Sri Mulyani jadi Menteri Keuangan selama sehari?

Kompetisi udah menemukan pemenangnya, sob. Dia adalah Tritania Faisa Adam (15), pelajar dari SMAN 4 Surakarta.

Nggak cuma ngegantiin Sri Mulyani, cewek yang akrab disapa Tania ini juga dikasih kesempatan untuk ikut rapat dengan para petinggi Kementerian Keuangan.

Bagi Tania, momen itu adalah momen yang paling menegangkan.

Loading...

"Saat paling menegangkan itu ketika aku memimpin rapat pimpinan. Jadi, aku ibaratnya Menkeu, di samping tempat saya duduk ada bapak Sekretaris Jenderal (Sekjen), Ibu Direktorat Jenderal (Dirjen), ada Dirjen Anggaran, Dirjen Perbendaharaan, dan lainnya," ujar Tania saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (14/3/2019)

Sebelum rapat mulai, Sri Mulyani ngasih tahu langsung ke Tania tentang bahasan dalam rapat. Dari mulai program baru dari Kemenkeu hingga isu kesetaraan gender.

Setelah beres urusan di kantor, Tania juga ikut meninjau mass rapid transit (MRT) di Jakarta dan mengisi kuliah umum di Politeknik Keuangan Negara Sekoalh Tinggi Akuntasi Negara (PKN STAN)

Tania mengaku senang bisa ikut ngerasain jadi menteri selama sehari.

"Siapa sih yang enggak seneng kalau diberi kesempatan buat jadi menkeu dalam sehari. Bersyukur banget, seneng banget, banyak yang percaya sama aku," ujar Tania.

Tapi Tania juga ngerasa sedikit gugup.

"Waktu rapat pimpinan, aku menyampaikan materi atau pesan dari teman-teman yang telah mengunggah videonya di YouTube. Dan aku harus menyuarakan apa ingin mereka sampaikan dan kemudian aku salurkan ke pemerintah," ujar pelajar yang juga aktif di Forum Anak Nasional.

Menang Dari 661 Peserta.

Tania cerita kalau dirinya tahu kompetisi #GirlsTakeOver ini dari poster yang nyebar di media sosial.

O ya untuk yang belum tau, kompetisi ini diadakan oleh Yayasan Plan International bersama Kemenkeu dan Youth Coalition for Girls dan diberlakukan seleksi pada 17 Februari 2019 lalu.

"Jadi saya tahu kompetisi dari internet, pendaftarannya diminta membuat video di YouTube mengenai program apa saja yang akan dilakukan semisal aku terpilih sebagai menkeu selama sehari dan mengisi CV di Google Form," ujar Tania.

Ada 661 siswa yang ikut daftar tapi penyelenggara hanya memilih tiga orang delegasi. Ketiga delegasi tersebut adalah Tania yang jadi menkeu, Maria jadi dirjen pajak, dan Putri Khairunnisa Ramli yang jadi dirjen bea cukai.

Di kompetisi tersebut, Tania menambahkan materi tentnag kesetaraan gender.

"Aku juga membahas isu kesetaraan gender. Misalnya saya tanya ke Dirjen Perbendaharaan mengenai fasilitas perempuan-perempuan di luar sana dan juga hasil observasi dari Flores yang kondisi perempuan di daerah itu kekurangan air bersih," ujar Tania.

Keren! (*)

Artikel Asli


Sumber: hai-online.com

Loading...