Dominasi Inggris di Liga Champions, Upaya Akhiri Paceklik

Dominasi Inggris di Liga Champions, Upaya Akhiri Paceklik

Para pemain Manchester United merayakan kemenangan atas PSG. (AP Photo/Francois Mori)

Liputan6.com, Jakarta - Inggris mengirim empat klubnya ke perempat final Liga Champions. Itu artinya seluruh tim Inggris belum tersingkir di Liga Champions musim ini.

Manchester United, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Liverpool mengulangi torehan di Liga Champions 10 tahun lalu atau pada 2009. Kala itu, empat klub Liga Inggris juga lolos ke perempat final.

Pada 2009, Arsenal, Manchester United, Chelsea, dan Liverpool menjadi tim Inggris yang berada di perempat final Liga Champions. Bahkan, tiga di antaranya melaju hingga semifinal.

Hanya sayangnya, ketika itu tidak satu pun klub Inggris yang keluar sebagai juara Liga Champions 2009. Adalah Barcelona yang mengangkat trofi kompetisi antarklub elite Eropa tersebut.

Tahun ini, klub-klub Inggris tersebut tentu tidak mau kejadian serupa terulang. Apalagi terakhir kali klub Inggris menjuarai Liga Champions sudah cukup lama.

Chelsea menjadi klub Inggris terakhir yang mengangkat trofi Si Kuping Besar. Momen itu terjadi pada musim 2011- 2012.

Klub-klub Inggris perlahan mulai membangkitkan memori pada era 2000- an, di mana mereka kerap banyak mengirim wakil di fase gugur Liga Champions. Era terbaik klub Inggris di Liga Champions terjadi sejak pertengahan 2000-an.

Pada musim 2007-2008 dan 2008-2009, Arsenal, Chelsea, Liverpool, dan Manchester United selalu lolos ke perempat final Liga Champions. Bahkan setidaknya satu tim Inggris selalu melangkah final Liga Champions dari musim 2004-2005 hingga 2008-2009.

Liverpool juara Liga Champions 2005, sedangkan Manchester United memenangi kompetisi ini pada 2008. Kedua tim masih berpeluang juara pada musim ini.

Dominasi Klub Spanyol

Liverpool melaju ke perempat final Liga Champions. (AFP/Odd Andersen)

Di Liga Champions musim lalu, Liverpool memang melangkah ke final, tapi mereka kalah 1-3 dari Real Madrid. Paceklik gelar klub Inggris di Liga Champions pun berlanjut.

Lima musim terakhir, Liga Champions dikuasai klub Spanyol, Real Madrid meraih empat gelar di antaranya, sedangkan Barcelona sekali merebutnya.

Tiga musim terakhir, Real Madrid yang keluar sebagai pemenang Liga Champions. Musim ini, Real Madrid sudah tersingkir di babak 16 besar, yang berarti akan ada juara baru.

Negara lain masing-masing hanya punya satu wakil di perempat final Liga Champions di antaranya Barcelona (Spanyol), Juventus (Italia), Porto (Portugal), dan Ajax Amsterdam (Belanda).

Nantikan Langkah

Manchester City jadi favorit juara Liga Champions musim ini. Penyebabnya, sang arsitek, Pep Guardiola memiliki torehan apik dua kali juara Liga Champions di Liga Champions bersama Barcelona.

Menarik menantikan langkah klub-klub Inggris musim ini di Liga Champions. Mampukah mereka mengakhiri paceklik gelar Si Kuping Besar itu musim ini?

Artikel Asli
Sumber: Liputan6.com