Empat Kawanan Jambret di Kota Payakumbuh Berhasil Ditangkap

Empat Kawanan Jambret di Kota Payakumbuh Berhasil Ditangkap

PAYAKUMBUH,-Kawanan Jambret yang dalam beberapa bulan terakhir kerap melancarkan aksi bandit jalanannya di kawasan Kota Payakumbuh dan sekitarnya berhasil diringkus Satreskrim Polres Payakumbuh beberapa waktu kemaren.

Loading...

Penangkapan kawanan jambret yang berjumlah 4 orang tersebut dilakukan di dua lokasi serta waktu yang berbeda. Dari penangkapan tersebut 2 dari 4 pelaku terpaksa di door polisi karena saat diamankan berusaha melawan dan kabur melarikan diri.

Dalam gelaran jumpa pers di Mapolres Payakumbuh, Senin (1/8) Kapolres AKBP Alex Prawira melalui Kasatreskrim AKP Aknopelindo menjelaskan, jika pihaknya telah berhasil menangkap 4 kawanan jambret yang kerap beraksi dan bikin resah warga Kota Payakumbuh dan sekitarnya dalam beberapa bulan terakhir ini,''Ungkapnya.

Dijelaskan, penangkapan ini berawal dari laporan salah satu korban ke polisi pada sekitaran Juli yang lalu, melaporkan jika dirinya telah menjadi korban penjambretan oleh dua orang tak dikenal saat berkendara di jalan raya. Dalam laporan tersebut korban menjelaskan kawanan jambret tersebut berupaya merenggut perhiasan emas miliknya yang ia pakai. Akibat kejadian, nyawa korban hampir terenggut karena terjatuh dari kendaraan saat peristiwa terjadi.

Selanjutnya berdasarkan laporan tersebut polisi langsung turun ke lapangan melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan awal polisi mendapatkan sebuah petunjuk yang berasal dari rekaman salah satu CCTV warga terkait aksi bandit jalanan yang dilakukan oleh kawanan jambret.

Dari pengembangan, polisi mendapatkan identitas salah satu pelaku asal Pekanbaru, Riau, yang diyakini sedang berada di rumah istrinya kawasan Guguk, Kabupaten Limapuluh Kota dengan inisial R. Pada Tanggal 27 Juli 2022 Satuan Reskrim Polres Payakumbuh langsung bergerak ke lokasi dan mengamankan pelaku.

Saat ditangkap pelaku tidak melakukan perlawanan. Dari hasil pengembangan polisi mendapatkan 3 identitas kawanan lainnya yang juga merupakan warga Pekanbaru, Riau dan saat itu mereka berada di sana.

Pada Jumat 29 Juli 2022 kembali Satuan Reskrim Polres Payakumbuh yang dipimpin Kanit I Ipda Zulfian, bergerak ke Pekanbaru melakukan upaya penangkapn terhadap 3 orang kawanan lainnya.

Di lokasi, polisi berhasil mengamankan 3 pelaku lainnya dengan inisial masing masing, SR (21), NHP (19), dan RP (20). Dalam penangkapan tersebut polisi terpaksa melumpuhakn 2 orang dengan timah panas karena berupaya melakukan perlawanan kepada petugas.

Selain mengamankan para pelaku, polisi juga mengamankan beberapa kendaraan roda dua yang dipakai kawanan jambret dalam melakukan aksinya masing masing jenis Yamaha NMX dan Kawasaki Ninja, papar Aknopelindo.(rb)

Loading...