Jersey Timnas Malaysia Ternyata Buatan Indonesia, Suporter Negeri Jiran Kebakaran Jenggot

Jersey Timnas Malaysia Ternyata Buatan Indonesia, Suporter Negeri Jiran Kebakaran Jenggot

Jersey resmi timnas Malaysia untuk Piala AFF 2018 belakangan diketahui merupakan buatan Indonesia. forxsportasia.com

BOLASPORT.COM - Jersey resmi timnas Malaysia yang akan digunakan pada gelaran Piala AFF 2018 ternyata dibuat di Indonesia, sebuah fakta yang membuat suporter Malaysia kebakaran jenggot.

Euforia Piala AFF 2018 mulai menjalar ke seluruh penjuru Asia Tenggara. Mulai hari ini, Kamis (8/11/2018), turnamen antarnegara paling bergengsi di regional ASEAN ini telah resmi dimulai.

Pertandingan pertama Piala AFF 2018 akan dibuka dengan pertandingan Grup A antara timnas Kamboja melawan Malaysia di Stadion Olimpiade, Phnom, Penh, Kamboja, pukul 18.30.

Adapun timnas Indonesia harus mengawali kiprah di ajang Piala AFF 2018 dengan lawatan ke markas Singapura di Stadion Nasional, Kallang, pada 9 November 2018.

Menjelang bergulirnya turnamen yang digelar dua tahun sekali ini, atribut tim kebanggaan menjadi barang wajib yang harus dimiliki setiap suporter.

Salah satu atribut yang biasa dikenakan suporter adalah jersey atau seragam tim kebanggaan mereka. Jersey sepak bola menjelma sebuah identitas masing-masing kelompok suporter sepak bola.

Identitas ini kemudian membawa setiap individu suporter ke dalam sebuah kebanggaan yang lebih kolektif, di mana mereka saling berbagi suka maupun duka saat memberikan dukungan kepada tim kebanggaan.

Sepertinya, persepsi publik terhadap jersey sepak bola inilah yang menciptakan guncangan di Malaysia, menjelang bergulirnya Piala AFF 2018.

Dunia maya Malaysia tengah dibanjiri sebuah unggahan foto tentang jersey resmi yang bakal digunakan timnas Malaysia pada Piala AFF 2018.

Jersey resmi timnas Malaysia untuk Piala AFF 2018 belakangan diketahui merupakan buatan Indonesia. foxsportsasia.com

Menariknya, jersey resmi timnas Malaysia belakangan diketahui merupakan buatan Indonesia.

Meski dua tim ini, timnas Indonesia dan Malaysia, berada di grup yang berlainan, namun gengsi tinggi yang selalu hadir di antara keduanya tak pernah tergerus oleh waktu.

Rivalitas keduanya seperti tak pernah usang. Namun, rivalitas dua negara serumpun ini juga selalu hinggap di antara kedua kelompok suporter.

Salah satu akun instagram suporter Negeri Jiran, @malayantiger.my, mengunggah foto jersey Timnas Malaysia warna kuning dengan tulisan “Made In Indonesia".

Bahkan, unggahan tersebut disertai sebuah caption berbunyi, "Hilang mood saat ingin membeli."

pic.twitter.com/i7T06sNW9H

— Andi ( ??? ???? ) (@andhy_andi) November 8, 2018

Penilaian Fox Sports Asia

Jelang dimulainya Piala AFF 2018, media asing kenamaan, Fox Sports Asia, merilis hal-ihwal mengenai jersey yang akan dikenakan tiap-tiap kontestan.

Fox Sports Asia turut pula menyertakan penilaiannya terhadap jersey-jersey tersebut.

Ternyata menurut mereka, jersey timnas Indonesia hanya mentok pada level 7.5.

Sementara itu, jersey timnas Malaysia medapat nilai yang lebih tinggi dari kepunyaan Tim Garuda.

Padahal, kedua jersey tersebut sama-sama dikeluarkan oleh pabrikan aparel olahraga ternama asal Amerika Serikat, Nike.

Memang, Fox Sports Asia dalam tulisannya tidak menjabarkan secara pasti mengenai parameter penilaian mereka.

Jersey milik tim Harimau Malaya tersebut menjadi salah satu dari dua jersey milik seluruh kontestan Piala AFF 2018 yang mendapat nilai tertinggi.

Bersama Malaysia, jersey milik timnas Kamboja juga mendapatkan nilai tertinggi dari ke-10 kostum bertanding.

Sedangkan nilai 7.5 milik Indonesia didapatkan pula oleh timnas Thailand dan timnas Myanmar.

Artikel Asli
Sumber: Bolasport