Jokowi Tegaskan Belum Akan Longgarkan PSBB: Jangan Sampai Keliru Memutuskan

Jokowi Tegaskan Belum Akan Longgarkan PSBB: Jangan Sampai Keliru Memutuskan

Presiden Jokowi memimpin ratas melalui sambungan video di Istana Negara, Jakarta. Foto: Dok. Biro Pers Setpres

Wacana pelonggaran PSBB terus mengemuka. Hal ini diiringi dengan sejumlah rancangan yang tengah digodok beberapa kementerian dalam mengaktifkan kembali kegiatan di berbagai sektor, baik dari sisi perekonomian hingga pendidikan.

Kendati demikian, Presiden Jokowi menyebut saat ini belum akan mengeluarkan kebijakan pelonggaran PSBB yang berlaku di sejumlah daerah. Kebijakan tersebut, kata dia, harus dikeluarkan dengan hati-hati.

"Kita harus sangat hati-hati. Jangan sampai kita keliru memutuskan," kata Jokowi dalam keterangan yang diterima kumparan, Jumat (15/5).

Meski demikian, dia mengaku pemerintah terus memantau berdasarkan data dan fakta di lapangan. Khususnya menentukan periode terbaik agar masyarakat dapat kembali produktif dan aman dari COVID-19.

Foto udara kawasan Mampang Prapatan di Jakarta, Jumat (1/5/2020). Foto: ANTARA FOTO/ Hafidz Mubarak

Loading...

"Tapi kita juga harus melihat kondisi masyarakat sekarang ini. Kondisi yang terkena PHK dan kondisi masyarakat yang menjadi tidak berpenghasilan lagi. Ini harus dilihat," ujarnya.

Jokowi mengatakan pada saatnya masyarakat dapat kembali beraktivitas normal. Namun harus menyesuaikan dan hidup berdampingan dengan COVID-19.

"Informasi terakhir dari WHO yang saya terima bahwa meskipun kurvanya sudah agak melandai atau nanti menjadi kurang, tapi virus ini tidak akan hilang. Artinya kita harus berdampingan hidup dengan COVID, " jelasnya.

"Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, berdamai dengan COVID. Sekali lagi, yang penting masyarakat produktif, aman, dan nyaman," tambahnya.

Jokowi menegaskan hidup berdampingan dengan COVID-19 bukan berarti menyerah dan menjadi pesimis. Tapi harus bisa memanfaatkan keadaan sekarang agar dapat beraktivitas kembali sambil tetap melawan ancaman virus tersebut.

"Pemerintah akan mengatur agar kehidupan kita berangsur-angsur dapat kembali berjalan normal sambil melihat dan memperhatikan fakta-fakta yang terjadi di lapangan," pungkas Jokowi.

==========

Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.

Artikel Asli
Sumber: kumparan

Loading...