Katanya Gratis, Ini 5 Fakta Rumah Belajar, Bimbel Online dari Kemdikbud

Katanya Gratis, Ini 5 Fakta Rumah Belajar, Bimbel Online dari Kemdikbud

Hai-Online.com - Belakangan, bimbel online makin marak nih bro. Padahal, Kemdikbud pun punya loh portal belajar online sejak 2011 lalu. Konten bahan belajarnya pun bisa dimanfaatkan dari tingkat PAUD sampai SMA/SMK. 

Hai udah ngulik nih situsnya di belajar.kemdikbud.go.id dan menemukan beberapa fakta-faktanya. Simak!

1. Gratis

Nggak ada biaya khusus buat akses berbagai materi dan fasilitas dari Rumah Belajar ini.

2. Punya delapan kelompok konten

Ada delapan kelompok konten di Rumah Belajar, yaitu Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. 

Sumber Belajar berisi berbagai materi pelajaran. Buku Sekolah Elektronik berisi perbukuan sekolah dari Kemdikbud dan bisa diunduh. Bank Soal, sesuai namanya berisi berbagai soal latihan, ulangan, dan ujian berbagai tingkat pendidikan dan mata pelajaran.

Sementara Laboratorium Maya menjadi saran percobaan layaknya di laboraturium. nah, Peta Budaya berisi konten-konten terkait budaya Indonesia lengkap dengan peta dan penjelasannya. Wahana Jelajah Angkasa berisi berbagai hal luar angkasa, lo akan menjelajah angkasa dan dapat banyak informasi di dalamnya.

Lalu Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan berisi informasi terkait pelatihan-pelatihan. Sedangkan Kelas Maya berisi berbagai kelas-kelas maya per mata pelajaran yang bisa lo ikuti dengan fiturnya 1 jam/minggu.

3. Punya tiga fitur pendukung

Selain delapan konten utama, Rumah Belajar juga punya tiga fitur pendukungnya, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, dan Karya Bahasa dan Sastra. 

Karya Guru berisi berbagai materi pelajaran dari guru-guru di Indonesia. Hal ini berbeda dengan materi khusus yang emang udah disiapkan Kemdikbud. Karya Komunitas berisi berbagai materi dari komunitas-komunitas secara khusus di luar materi dari Kemdikbud. Sedangkan karya Bahasa dan Sastra sesuai namanya berisi kumpulan berbagai karya bahasa dan sastra, mulai dari puisi, cerita rakyat, dan lainnya.

4. Bentuk materi beragam

Nggak cuma hadir dengan format teks, berbagai materi pelajaran di Rumah Belajar juga tersedia lewat format lain. Misal gambar, animasi, video dan simulasi, dan buku digital yang bisa lo unduh. 

5. Pilihan sumber belajar lain

Selain memberi materi dari situs Rumah Belajar itu sendiri, lo juga bisa akses informasi lain dari sumber belajar lain. Beberapa di antaranya, tv Edukasi, Suara Edukasi, Radio Edukasi, KBBI, Balai Pelestarian Cagar Budaya, Perpustakaan Dikbud, dan lainnya. (*)

Artikel Asli


Sumber: hai-online.com