Kenapa Orang Batak Galak? Kenapa Orang Padang Pelit? Kenapa Orang Jawa Lambat?

Kenapa Orang Batak Galak? Kenapa Orang Padang Pelit? Kenapa Orang Jawa Lambat?

Di indonesia, stereotip berdasarkan suku bangsa kayaknya udah lumrah banget. Semua orang juga udah tahu.. orang batak itu galak, orang jawa itu lamban dan orang padang itu pelit.

Kalo ditanya kenapa? Ya mungkin jawabannya, emang dari sananya udah begitu. Meskipun ngga mewakili semua, tapi ini adalah contoh-contoh kecil stereotype suku di Indonesia.

Apakah stereotip ini semua bener menurut kalian??!

Orang batak itu terkenal karena kemampuan verbalnya, 99% pekerjaannya pengacara, dan kalo ngomong paling terus terang dan apa adanya. Karena keterus terangannya itu, orang batak sering dinilai sebagai suku yang.. gahar dan galak..

Emang ya… Rata-rata pengacara terkenal itu orang-orang Batak…

Sedangkan suku pencipta masakan rendang ini, udah ngga asing lagi punya stereotip pelit. Saking parahnya stereotip ini, kadang2 kata pelit diganti jadi kata padang. Jadinya bukan “pelit banget sih lo!” orang jadi ngomong “padang banget sih lo!”

Ada juga stereotip positif, kayak ‘orang Padang itu cantik’

Loading...

Orang jawa… lamban, ngga tegas, kalo ngomong sukanya muter-muter dan basa basi. Mungkin karena sejarahnya orang jawa itu selalu jadi kaum penguasa politik dan ningrat, makanya perwatakan orang jawa itu sopan-sopan dan halus. Jadi, mesti hati-hati ngomong sama orang jawa yang hatinya halus…

Orang Jawa selalu jadi pemimpin? Hm! Insight menarik.

Nasibnya orang tionghoa selalu diasosiasikan sama duit. Baru ketemu aja, pasti disangka orang kerjaannya kalo ngga pedagang ya pengusaha, dan kalo dibilang pekerjaannya lain dari itu… orang ga bakalan percaya.

Banyak juga stereotip positif bagi orang-orang tiongkok!

Daaan masih banyak lagi stereotip pada suku-suku lainnya yang ngga bisa disebutin disini satu-satu…

Apakah itu semua benar?

Pastinya, tulisan ini sangat meng-generalisir suku-suku yang dibahas. Ngga segampang itu kita bisa nilai orang cuma dari sukunya aja. Suku jawa sendiri bahkan bisa dibagi menjadi ratusan suku yang berbeda. Dan emang faktanya, menurut sensus Badan Pusat Statistik pada tahun 2010, Indonesia bahkan memiliki suku bangsa sebanyak 1340! Banyak banget!

Beragamnya kita ini yang jadi kekuatan Indonesia.

Meskipun ada berbagai macam stereotip yang menempel pada suku-suku di indonesia, kita ngga adil rasanya kalo menelan itu semua mentah-mentah 100%. Itu namanya kita percaya anekdot. Bahwa satu testimoni orang, kita jadiin acuan kebenaran.

Kalo ada seseorang bilang orang padang itu pelit, itu berdasarkan pengalamannya dia aja. Bukan kebenaran secara universal. Orang pelit itu ya ada di suku apa aja, ngga pilih-pilih sukunya.

Jangan telan mentah-mentah stereotip!

Jadi, stereotip itu ngga 100% benar dan harus dipercaya, daripada bikin berantem doang dan bikin saling tersinggung, mending dijadiin hiburan aja… dan realisasi… bahwa indonesia itu ternyata luas dan punya beragam suku dan budaya yang harus saling memahami satu sama lainnya.


Sumber: Kokbisa.id

Loading...