Koperasi Mina Bahari dan PT Aruna Bangun Pabrik

Koperasi Mina Bahari dan PT Aruna Bangun Pabrik

KOPERASI Perikanan Mina Bahari di Indramayu, Jawa Barat, menjalin kemitraan dengan PT Aruna Industri Bintan yang bermarkas di Bintan, Kepulauan Riau. Kedua pihak sepakat membangun pabrik tepung protein ikan.

"Pabrik direncanakan berkapasitas produksi 20 ton per bulan. Koperasi Mina Bahari akan berinvestasi membangun pabrik dengan nilai Rp11,9 miliar, menyediakan bahan baku dan tenaga kerja," ungkap Sekretaris Koperasi Mina Bahari, Royani, kemarin.

PT Aruna akan bertindak sebagai jaminan pemasaran, penyedia teknologi, dan pendampingan. "Kami optimistis dengan rencana pembangunan pabrik ini. Kami sangat menantikan pabrik dapat segera terealisasi," tambahnya.

Koperasi ini beranggotakan 325 nelayan. Pembangunan pabrik akan meningkatkan pendapatan para nelayan sekaligus mendorong pengembangan koperasi. 

Loading...

Untuk investasi ini, lanjut Royani, pihaknya sedang mengajukan pembiayaan ke Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM. Pendanaan diharapkan segera cair agar pembangunan pabrik yang direncanakan mulai Oktober segera terealisasi.

Dirut LPDB KUMKM Braman Setyo mengatakan pengajuan kredit oleh Koperasi Mina Bahari kini tengah diproses tim analisis. "Sudah lolos dari desk review dan pekan ini akan dilakukan on the spot checking ke Indramayu."

Menurut Braman, jumlah pembiayaan yang akan diberikan berdasarkan hasil verifikasi data seluruhnya, termasuk data lapangan. Hal itu akan diputuskan dalam forum komite pinjaman yang dipimpin Dirut LPDB KUMKM.

Dirut PT Aruna Industri Bintan Yogi Arrie mengatakan, dalam kerja sama, posisi koperasi dan perusahaannya ialah mitra sejajar. Kemitraan ditargetkan akan mendorong pengembangan koperasi dalam merintis industri perikanan.

"Dalam kemitraan ini, perusahaan akan bertindak sebagai manajemen operasional, penyedia teknologi, manajamen cash flow, dan menjamin pasar." (UL/N-2)

Artikel Asli
Sumber: Media Indonesia

Loading...