Kota Sawahlunto Mulai Vaksin Covid - 19 Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Kota Sawahlunto Mulai Vaksin Covid - 19 Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

SAWAHLUNTO - Sebanyak 10 orang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)/disabilitas di Kecamatan Barangin, telah divaksin Covid - 19, pada Kamis 02 September 2021 tadi di Rumah Dinas Wakil Walikota Sawahlunto. Setelah ini, Pemko Sawahlunto melalui Dinkesdalduk - KB dan Dinsos PMD - PPA juga akan melaksanakan vaksinasi bagi ABK di Kecamatan lainnya.

Loading...

Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti, yang menyaksikan langsung kegiatan vaksinasi bagi ABK itu mengatakan bahwa berdasarkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan, bahwa ABK aman untuk divaksin, asalkan lolos tahapan pemeriksaan kesehatan (screening) terlebih dahulu. Tahapan screening ini untuk memastikan bahwa anak yang bersangkutan tidak sedang dalam gangguan kesehatan yang tidak bisa untuk memperoleh vaksin dalam tubuhnya.

"Saya sudah memulai dengan memvaksin putri saya sendiri yang juga merupakan ABK. Alhamdulillah aman dan tidak ada dampaknya. Jadi sekarang kita akan melaksanakan vaksinasi bagi ABK lainnya di Sawahlunto ini," ujar Wakil Walikota Zohirin Sayuti.

Disebutkan Wakil Walikota Zohirin Sayuti, vaksinasi Covid - 19 adalah hak bagi masyarakat, termasuk ABK. Maka Pemko Sawahlunto memfasilitasi pemberian vaksin bagi ABK ini.

Penyuntikan vaksin bagi ABK di rumah dinas Wakil Walikota Sawahlunto tadi itu dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Sungai Durian. Setelah divaksin, ABK tersebut kemudian dipasangkan pin "Aku Anak Sawahlunto, Aku Sudah Divaksin", oleh Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti.

Secara umum, saat ini tingkat vaksinasi Covid - 19 di Kota Sawahlunto seperti yang dilaporkan Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB (Dinkesdalduk - KB), Yasril, yakni telah mencapai 23,8 persen dalam hitungan sampai 1 Septembet 2021.

"Kita mencatat telah melakukan vaksinasi kepada 12.332 orang (23,8 persen). Itu dari target sasaran sebanyak 51.805 orang," kata Yasril, yang juga menghadiri kegiatan vaksinasi bagi ABK di Kecamatan Barangin tersebut.

Persediaan vaksin di Kota Sawahlunto saat ini dikatakan Yasril berada dalam posisi aman dan cukup tersedia.

"Kemudian Sawahlunto juga sudah melaksanakan vaksin ke - 3 atau booster dengan Moderna pada tenaga kesehatan. Datanya itu sudah 79 persen tenaga kesehatan kita yang dibooster," sebut Yasril.

Penulis; Rio

Loading...