Kunjungan Kerja Kapolda Ke Polres Payakumbuh, Selain ketatkan pengamanan mako, Polda Sumbar juga akan tingkatkan pengawasan untuk mantan napiter

Kunjungan Kerja Kapolda Ke Polres Payakumbuh, Selain ketatkan pengamanan mako, Polda Sumbar juga akan tingkatkan pengawasan untuk mantan napiter

Payakumbuh, - Selain mengetatkan pengamanan Markas Komando (Mako), Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono mengungkapkan pascabom di Polsek Astanaanyar pihaknya akan meningkatkan pengawasan untuk mantan narapidana teroris (napiter) yang berada di daerah tersebut.

Loading...

"Pastinya seperti itu (peningkatan pengawasan), sebab kita lihat ada mantan napiter yang sudah bebas dan pindah dari suatu tempat ke tempat lain," kata Kapolda Irjen Pol Suharyono saat melakukan kunjungan kerja ke Polres Payakumbuh, Kamis (8/12/22) sore.

Ia mengatakan peningkatan pengawasan tersebut karena belum tentu mantan napiter yang telah bebas dan dianggap normal dan aman itu tidak kembali melakukan suatu perbuatan yang menyebabkan korban.

Selain peningkatan pengawasan terhadap mantan napiter, pihaknya juga akan mencermati embrio-embrio yang baru dari kelompok tertentu yang mungkin melakukan aksi teror yang menyebabkan korban.

"Kita juga akan cermati embrio-embrio dari kelompok tertentu yang mungkin melakukan aksi yang menyebabkan korban," katanya.

1670630525-MediaRiau com-IMG 20221208 173652

Dia menekankan bahwa seluruh anggota kepolisian di Polda Sumbar harus mengedepankan tindakan pencegahan dengan memperhatikan kegiatan masyarakat yang cenderung mengarah kepada radikalisme.

"Kalau sudah terjadi berarti tindakan pencegahannya kurang berhasil. Kalau sudah terjadi tentu tindakan represif, penegakan hukumnya harus maksimal dan tegas," ujarnya.

Namun, dia berharap dan meminta bagi semua masyarakat untuk tidak mencemari kehidupan bermasyarakat, berbangga dan bernegara dengan aksi teror, sebab kita memiliki Pancasila, NKRI yang harus dijaga.

Sebelumnya, Kepolisian Resor (Polres) Payakumbuh, Sumatera Barat meningkatkan pengamanan di markas komando (Mako), asrama, mako Polsek sampai dengan pribadi masing-masing personil pascabom di Polsek Astanaanyar.

"Kita sudah perintahkan jajaran untuk tingkatkan keamanan Mako, asrama dan masing-masing personil. Polres dan Mapolsek kita juga sudah memiliki CCTV," kata Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira di Payakumbuh, Rabu.

Saat ini Polres Payakumbuh juga telah memiliki Command Center yang menampilkan tangkapan dari CCTV sehingga mempermudah untuk pemantauan situasi di Mako Polres Payakumbuh.

Terkait pelayanan kepada masyarakat, Kapolres mengatakan bahwa pelayanan pelayanan tidak terganggu dan masih diberikan seperti biasanya.

"Terkait pemeriksaan masyarakat yang datang ke Polres dan Polsek untuk mengurus berbagai keperluan, telah ada SOP nya," ujarnya didampingi Waka Polres Payakumbuh Kompol Russirwan.(rb/*)

Loading...