Lepas dari PPKM Level 4, Kota Padang Diwajibkan Kejar Capaian Vaksinasi

Lepas dari PPKM Level 4, Kota Padang Diwajibkan Kejar Capaian Vaksinasi

Padang, – Sejumlah daerah, termasuk Kota Padang telah lepas dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Namun, untuk mengejar capaian vaksinasi, daerah-daerah tersebut tetap menerapkan PPKM Level 4.

Loading...

Kini, luar Jawa-Bali tinggal enam daerah yang masih PPKM Level 4 yakni, Banda Aceh, Bangka, Medan, Kota Baru, Palangkaraya, dan Palu.

Pengumuman evaluasi PPKM di luar Jawa-Bali tersebut disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto tadi malam. Airlangga menyebutkan, ada dua provinsi yang turun status dari PPKM Level 4. Sehingga, kini, tak ada lagi provinsi dengan status PPKM level 4 di luar Jawa-Bali.

“Kalau kita lihat secara provinsi terjadi penurunan dari level 4, yaitu dari dua provinsi menjadi tidak ada di level 4. Kemudian level 3 dari 22 menjadi 16, dan di level 2 dari tiga menjadi 11 provinsi,” kata Airlangga dalam konferensi pers virtual, Senin (13/9/2021) malam.

Menurut Airlangga, ada 23 daerah kabupaten/kota yang masih menerapkan PPKM Level 4. Hal itu, kata dia, untuk persiapan penurunan PPKM di daerah-daerah itu.

“Namun, di 23 kabupaten/kota tetap kami terapkan PPKM level 4,” tuturnya.

PPKM level 4 itu tetap diterapkan meski daerah-daerah tersebut mengalami penurunan kasus baru, penurunan kematian pasien hingga penurunan BOR atau keterisian tempat tidur rumah sakit.

Dia menyebut 17 dari 23 daerah itu sebenarnya sudah bisa turun level.

“(Sebanyak) 17 kabupaten/kota yang telah mengalami perbaikan, 16 kabupaten/kota turun dari level 4 ke level 3 dan ada satu kabupaten/kota turun ke level 2,” ujar Airlangga.

Namun Airlangga menegaskan daerah-daerah yang sudah bisa turun level itu tetap menerapkan PPKM level 4. Dia mengatakan hal itu dilakukan demi mengejar tingkat vaksinasi Covid-19 minimal 20 persen.

Sementara ada enam daerah yang masih tetap belum bisa turun level. “Enam kabupaten/kota lainnya tetap di level 4, yaitu Banda Aceh, Bangka, Medan, Kota Baru, Palangkaraya, dan Palu,” ucapnya.

Penulis: rio

Loading...