Mantan Ajudan Jusuf Kalla jadi Kapolda Sumbar, Irjen Toni Kapolda Sumsel

Mantan Ajudan Jusuf Kalla jadi Kapolda Sumbar, Irjen Toni Kapolda Sumsel

Padang, - Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dirotasi ke Polda Sumatera Selatan (Sumsel) dengan jabatan yang sama, menggantikan Irjen Pol Eko Indra Heri yang dimutasi jadi Koordinator Staf Ahli Kapolri.

Loading...

Sebagai pengganti Toni, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengangkat Irjen Pol Teddy Minahasa Putra sebagai Kapolda Sumbar. Teddy sebelumnya Staf Ahli Manajemen Kapolri.

Mutasi dan rotasi sejumlah perwira tinggi Polri itu, tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1701/VIll/2021 tertanggal 25 Agustus 2021 yang ditandatangani oleh Irjel Pol Wahyu Widada, Asisten SDM Kapolri.

Teddy Minahasa Putra merupakan lulusan Akpol 1993 kelahiran Minahasa, Sulawesi Utara, yang dalam karirnya pernah menjabat Kapolda Banten dan Wakapolda Lampung serta Karopaminal Divpropam Polri.

Ia perwira tinggi yang pernah menjadi ajudan Jusuf Kalla (JK) ketika menjabat Wakil Presiden. Pada 11 Juli 2018, Teddy diberikan Bintang Bhayangkara Nararya karena pengabdiannya tanpa cacat selama 24 tahun.

Di luar institusi Polri, Teddy Minahasa Putra juga dipercaya menjadi Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) periode 2021-2026.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto saat dihubungi membenarkan hal tersebut.

“Iya, sore ini kami mendapatkan surat telegram dari Kapolri. Beberapa pati dan pamen dimutasi, termasuk di Polda Sumbar,” ujar Satake kepada awak media.

Satake menyebutkan mutasi dan rotasi di tubuh Polri merupakan hal biasa dan bagian dari upaya regenerasi sumber daya manusia.

“Kita masih menunggu instruksi lanjutan atas surat telegram tersebut,” kata perwira polisi yang dikenal dengan para wartawan dan media ini.

Sedangkan untuk serah terima jabatan Kapolda Sumbar, Satake mengatakan biasanya di Mabes Polri. “Kita di Polda Sumbar sifatnya menunggu saja,” imbuhnya.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Toni Harmanto menjadi Kapolda Sumsel serta selamat bertugas di Sumbar kepada Irjen Pol Teddy Minahasa Putra.

“Selama di Sumbar, Bang Toni dikenal dekat dengan semua kalangan terutama para tokoh masyarakat dan situasi Alhamdulillah senantiasa kondusif. Bang Toni dan jajarannya saya lihat juga proaktif dalam penanganan pandemi Covid-19 serta membantu masyarakat terdampak PPKM,” ungkap Rezka.

Selain itu, Irjen Pol Toni Harmanto juga diberikan gelar sangsako Tuanku Rajo Sinaro Basa dari Ninik Mamak Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanahdatar.

Pemberian gelar itu, wujud apresiasi dan penghargaan atas jasa-jasa Toni Harmanto sebagai seorang pemimpin yang dinilai penuh perhatian terhadap keamanan dan kenyamanan masyarakat umumnya Sumatera Barat.

“Kepada Mas Teddy, saya juga ucapkan selamat bertugas di Sumbar. Sebagai orang yang pernah menjadi ajudan Pak JK, saya kira beliau sudah mengenal Sumbar. Semoga bisa melanjutkan capaian yang ditorehkan Bang Toni, dan bersama-sama forkopimda melakukan percepatan penanganan Covid-19. Mari kita bersinergi untuk kemajuan Sumbar,” ungkap anggota DPR RI Dapil Sumbar II itu.

Penulis; rio

Loading...