Mensos Sebut Persiapan Mental Penting Masuki Normal Baru

Mensos Sebut Persiapan Mental Penting Masuki Normal Baru

Mensos, Juliari P Batubara pada webinar psikososial yang dipantau di Jakarta, Sabtu (6/6).

JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos), Juliari P Batubara mengatakan persiapan mental sangat penting dalam memasuki kondisi normal baru dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kondisi saat ini, pandemi masih terjadi dan memaksa semua untuk fokus serta memperhatikan kesehatan pribadi dan lingkungan sekitar.

"Dari sisi psikososial, mental ini sangat penting. Dibutuhkan kedisiplinan dan kesiapan mental yang baik dalam menghadapi new normal," kata Mensos dalam webinar psikososial yang dipantau di Jakarta, Sabtu (6/6).

Pemerintah, tambah Mensos seperti dikuti dari Antara, mewacanakan melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga masyarakat akan menjalani kehidupan beradaptasi dengan kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan. Memang protokol dan aturan-aturan yang dijalankan nantinya lama-kelamaan akan jadi biasa.

Pandemi Covid-19 mengubah berbagai tatanan kehidupan masyarakat dari berbagai sektor. Saat ini, tambah Mensos, masyarakat terpaksa bekerja dari rumah, anak-anak sekolah belajar dari rumah, banyak terjadi pengangguran karena Covid-19 juga berdampak sangat hebat pada sektor ekonomi.

Loading...

Masyarakat tidak diperbolehkan berkumpul, harus menggunakan masker di luar rumah dan menjaga jarak serta rajin mencuci tangan dengan sabun juga menerapkan pola hidup sehat. Lebih lanjut, politisi PDI-P tersebut mengatakan, berbagai kondisi tersebut tentunya tidak bisa dielakkan.

Ada dampak positif dan negatif dari pandemi, antara lain masyarakat menjadi anti sosial karena harus menjaga jarak juga dampak ekonomi yang dirasakan semua orang. Dampak positifnya, tambah Mensos, salah satunya adalah efisiensi anggaran terutama di pemerintahan dan kantor-kantor karena berbagai kegiatan dilakukan secara daring. mar/N-3

Artikel Asli
Sumber: Koran Jakarta

Loading...