Pertengahan Desember, Pelamar CPNS Diimbau Tak Sering Login SSCN, Apa Alasannya?

Pertengahan Desember, Pelamar CPNS Diimbau Tak Sering Login SSCN, Apa Alasannya?

Tampilan halaman registrasi SSCN BKN

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) CPNS 2019 yang telah mendaftar di instansi pilihannya, diimbau untuk tidak login ke portal SSCN pada minggu kedua Desember 2019.

Alasannya, untuk mendukung lancarnya proses verifikasi yang dilakukan instansi.

Melalui siaran resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Plh Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan memastikan, tidak akan ada perubahan data pelamar yang akan terjadi selama proses ini. 

"Hari-hari ini, ke depan, sampai dengan 15 atau 20 Desember, saya mohon jangan sering-sering login ke dalam portal SSCN. Karena, itu waktunya kami berikan sepenuhnya kepada administrator instansi untuk melakukan verifikasi," kata Ridwan di Jakarta, Senin (2/12/2019) siang.

Loading...

Menurut Ridwan, pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2019 kemungkinan besar akan dilaksanakan pada akhir Desember 2019.

Baca juga: Verifikasi Berkas CPNS BKN Dimulai, 3.705 Pelamar Perebutkan 180 Formasi

Setelah pengumuman administrasi, akan ada waktu sanggah selama tiga hari.

"Pengumuman ada (dilakukan pada) akhir Desember. Ada pengumuman siapa lolos siapa tidak. Ada masa sanggah tiga hari, respons masa sanggah 7 hari (bagi instansi)," ujar dia.

Ridwan menjelaskan, nantinya instansi akan menyertakan alasan jika pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi.

Ia menambahkan, semua proses verifikasi tercatat dalam sistem, meskipun proses verifikasi dilakukan masing-masing instansi.

Verifikator yang memutuskan lolos tidaknya pelamar pun tercatat dan dapat ditelusuri di sistem.

"Siapa yang melakukan verifikasi terhadap pelamar A (menyatakan lolos tidaknya) itu ada di sistem. Kalau ditelusur lagi itu bisa," paparnya.

Baca juga: Sejumlah Formasi CPNS 2019 Belum Ada Pelamar, Bagaimana Nantinya?

Terkait tanggalnya, lanjut dia, pelamar dapat melihat kembali rentang waktu yang tertera dalam pengumuman pengadaan CPNS masing-masing instansi.

Ridwan menjelaskan, masing-masing instansi pun nantinya juga akan memberikan informasi jika memang hasil seleksi administrasi akan diumumkan.

"Ada alasan jika (pelamar dinyatakan) tidak lulus. Jadi kita lihat lagi pengumuman instansi yang kita lamar range-nya (waktu) kapan," ujar Ridwan.

"Cara lain (mengecek kelulusan), instansi diminta menyediakan informasi di web dan media sosial, atau di papan pengumuman (untuk instansi daerah)," sambung dia.

Sementara, untuk peserta yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi, akan muncul jadwal tahapan tes selanjutnya, yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD).

Jadwal lengkap ini juga tertera pada kartu ujian peserta.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoInfografik: Jadwal CPNS 2019

Penulis: Mela ArnaniEditor: Inggried Dwi Wedhaswary

Artikel Asli
Sumber: Kompas.com

Loading...