Presiden Minta Semua Kepala Daerah Segera Turunkan Kasus Covid-19 hingga 50 Persen dari Kondisi Sekarang

Presiden Minta Semua Kepala Daerah Segera Turunkan Kasus Covid-19 hingga 50 Persen dari Kondisi Sekarang

Simpang Empat, – Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi bersama Wakil Bupati Risnawanto dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mendengarkan arahan Presiden Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian secara virtual, Senin (17/5/2021) di Mapolres Pasbar.

Loading...

Pada kesempatan itu Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan semua daerah harus meningkatkan kewaspadaan pasca-Lebaran, terutama dalam menekan penyebaran Covid-19.

“Terkait mudik, masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan aturan yang sudah dibuat walaupun ada penurunan setelah dilaksanakan sosialisasi. Namun tetap ada lonjakan angka penyebaran Covid-19,” kata Jokowi.

Presiden juga menambahkan terdapat 15 provinsi yang mengalami peningkatan kasus Covid-19, salah satunya adalah provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Ia meminta seluruh kepala daerah lebih giat dalam menurunkan penyebaran Covid-19 di daerah masing-masing dan harus diupayakan untuk turun sebesar 50 persen dari kondisi sekarang.

“Selanjutnya, mengenai pertumbuhan ekonomi, Indonesia saat ini mengalami penurunan. Namun (kepala daerah) tetap harus optimis untuk meningkatkan ekonomi daerah masing-masing dan tetap memperhatikan perkembangan Covid-19 di daerah,” paparnya.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan saat ini kasus Covid-19 masih tinggi di Indonesia. Sehingga seluruh kepala daerah se-Indonesia diimbau untuk tetap waspada dan gigih dalam menindaklanjuti peningkatan Covid-19.

“Pada dasarnya peningkatan Covid-19 sangat berpengaruh terhadap penurunan perekonomian. Untuk itu kita minta seluruh kepala daerah untuk pro-aktif dalam upaya ini,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Hamsuardi menyampaikan bahwa pihaknya bersama unsur Forkopimda telah berkomitmen untuk memutus dan meminimalisasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pasaman Barat.

Loading...