Putra Mahkota Arab Saudi Ucapkan Duka Cita ke Jokowi atas Wafatnya Ibunda

Putra Mahkota Arab Saudi Ucapkan Duka Cita ke Jokowi atas Wafatnya Ibunda

Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta keluarga menaburkan bunga di makam ibunda Sudjiatmi Notomihardjo di pemakaman keluarga di Mundu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020). Sujiatmi Notomiharjo wafat di RST Slamet Riyadi, Solo. (dok.is

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima telepon dari Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman Bin Abdulaziz Al Saud (MBS) di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Minggu (29/3/2020), pukul 16.00 WIB.

Dalam kesempatan itu, Putra Mahkota Arab Saudi menyampaikan belasungkawa atas berpulangnya Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo. Ibunda Jokowi diketahui tutup usia di usia 77 tahun pada Rabu, 25 Maret 2020.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan selamat atas kesuksesan Arab Saudi dalam penyelenggaraan KTT Luar Biasa G20 secara virtual beberapa waktu lalu. Adapun KTT digelar khusus membahas penanganan virus corona atau Covid-19.

"G20 harus menunjukkan kepemimpinannya dan menjadi motor solidaritas global, tidak ada negara yang kebal terhadap Covid-19 termasuk Indonesia dan Arab Saudi," ucap Jokowi dikutip sari siaran Sekretariat Presiden, Minggu (29/3/2020).

Loading...

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menerima sambungan telepon dari Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ), Sabtu 28 Maret 2020. Kala itu, Jokowi tengah berada di kediamannya di Surakarta, Jawa Tengah.

Jokowi menyampaikan terima kasih atas simpati dan doa dari Putra Mahkota Abu Dhabi kepada almarhumah Ibundanya. Dia juga menekankan pentingnya solidaritas global, kerjasama, dan kolaborasi antar negara dalam situasi saat ini.

"Kita harus bersama-sama untuk memenangkan peperangan melawan Covid-19 dan peperangan melawan pelemahan ekonomi dunia," kata dia.

Ucapan Duka dari Mancanegara

Seperti diketahui, sejumlah pemimpin negara menyampaikan duka cita kepada Jokowi atas wafatnya Sang Ibunda. Salah satunya yakni, Raja Salman dari Arab Saudi.

Hal itu disampaikan saat membuka pertemuan KTT Luar Biasa G20 secara virtual, Kamis 26 Maret 2020 malam. Melalui surat resmi yang diterima oleh Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden dari Kementerian Luar Negeri, para pemimpin negara lain juga menyampaikan belasungkawa.

Mereka diantaranya Sultan Haji Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Singapura Halimah Yacob, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

"Dengan rasa berdukacita dan amat terharu mendengar berita mengenai kembalinya ke Rahmatullah Ibu Tuan yang terutama. Beta ingin menyampaikan ucapan takziah dan simpati yang mendalam,"sebagaimana tertulis dalam surat dari Sultan Hassanal Bolkiah.

Selain itu, Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Wakil Presiden sekaligus Perdana Menteri PEA Mohammed bin Rashid Al Maktoum, dan Putra Mahkota Abu Dhabi, PEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ), juga turut menyampaikan belasungkawa.

Ungkapan belasungkawa juga datang dari Sultan Oman Haitham Bin Tarik, Perdana Menteri Bahrain Shaikh Khalifa Bin Salman Al Khalifa, Presiden Guinea-Bissau Umaro Sissoco Embalo dan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin melalui akun Twitter resminya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Asli
Sumber: Liputan6.com

Loading...