Sederet Aksi Ciamik Andik Vermansyah Membelah Pertahanan Timor Leste

Sederet Aksi Ciamik Andik Vermansyah Membelah Pertahanan Timor Leste

Pemain Timnas Indonesia, Andik Vermansyah, saat melawan Timor Leste dalam AFF Suzuki Cup 2018, Gelora Bung Karno, Jakarta. (Foto: Helmi Afandi/kumparan)

Laga Timnas Indonesia melawan Timor Leste dalam matchday kedua Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (13/11/2018) malam WIB, menghadirkan Andik Vermansyah sebagai man of the match

Pemain milik Kedah FA itu memang tak mencatatkan nama di papan skor, tetapi kontribusinya tak bisa dipandang sebelah mata. Gol Alfath Fathier lahir berkat assist-nya. Belum lagi penetrasi yang ia lakukan sehingga memicu pemain belakang Timor Leste melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Berangkat dari dua aksi itulah, Andik Vermansyah menjadi salah satu pemain yang paling bersinar. Predikat pemain terbaik dalam laga itu merupakan hal spesial bagi Andik sekaligus jawaban. Ya, sepekan sebelum turnamen dua tahunan tersebut bergulir, nama Andik bahkan tak tertera dalam daftar 23 skuat 'Garuda'. 

Andik juga absen dalam latihan perdana Timnas Indonesia menjelang turneman di Stadion Wibawa Mukti, Jumat (2/11). Bima Sakti bahkan mengonfirmasi bahwa Andik adalah deputi. Jika ada pemain cedera, pemanggilan Andik akan dipertimbangkan. Tak lama setelah mengeluarkan pernyataan demikian, Bima memutuskan untuk memanggil Andik. 

Pria kelahiran Jember itu dipastikan merumput bersama Timnas Indonesia setelah ia terlihat pada latihan kedua, Sabtu (3/11). Tak dijelaskan memang apakah latar belakang pemanggilan Andik terkait dengan kasus hukum yang membelit Saddil Ramdani. Yang pasti, Andik adalah pengganti Saddil di Timnas. 

Kendati begitu, Andik Vermansyah sudah mencuri perhatian. Ia mampu bermain apik dan memenuhi ekspektasi. Atributnya pun lengkap. Ia bisa melepaskan umpan silang, operan kunci, dan membongkar pertahanan lawan. Tinggal bagaimana Andik membangun koneksi dan mengintegrasikan diri dengan tim serta plan pelatih. 

Untuk mengapresiasi penampilan apik Andik Vermansyah, kumparanBOLA telah merangkum aksi-aksi ciamiknya dalam bentuk video singkat berikut ini. 

Dribel Andik yang Memecah Kebuntuan

Terus menekan, tetapi nihil gol. Itulah gambaran bagaimana babak pertama laga Timnas Indonesia vs Timor Leste berlangsung. Timnas Indonesia dibuat frustasi selama 45 menit pertama pertandingan. Tekanan intens mereka dari sisi kanan dan kiri selalu berujung kegagalan. 

Andik Vermansyah dapat menembus penjagaan ketat pemain Timor Leste dengan aksi dribel apik. (Foto:Futbal Momentum Asia - FMA/Youtube)

Umpan silang baik via open play maupun skema bola mati tak ada yang membuahkan hasil. Untuk menyiasati kebuntuan, Andik kerap menari-nari di tepi lapangan dan melakukan penetrasi. Berbekal kelincahan, Andik dapat melewati tiga pemain Timor Leste dan menyodorkan umpan kepada Alberto 'Beto' Goncalves. 

Meski serangan tersebut berujung kegagalan, setidaknya apa yang dilakukan Andik menjadi solusi bagi Timnas Indonesia untuk menembus pertahanan The Little Samba Nation yang rapat dan kokoh*. *

Hasilnya terlihat selepas jeda. Dribel menjadi amunisi Andik Vermansyah untuk menyusutkan kekuatan pertahanan sang seteru. Tekukan bola dan gerakan menipu yang ia tunjukkan sulit dihentikan bek Timor Leste. Seperti yang terjadi saat laga berumur 68 menit. 

Aksi individu Andik Vermanysah yang berujung penalti untuk Timnas Indonesia. (Foto:Futbal Momentum Asia - FMA/Youtube)

Menerima umpan terobosan Stefano Lilipaly, Andik berlari kencang demi menguasai bola. Ketika bola sudah berada di kakinya, Andik berupaya mendekat ke gawang. 

Sebelum menekuk bola dan melakukan gerakan memutar badan, Andik dijegal oleh bek Timor Leste yang berujung penalti. Lilipaly yang menjadi eksekutor dapat menunaikan tugasnya dengan sempurna. Timnas pun berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1. 

Assist untuk Alfath Fathier

Ada satu situasi yang menggambarkan bahwa Andik tak cuma pandai merusak pertahanan lawan, tetapi juga menjadi pelayan yang baik. Situasi tersebut terjadi manakala pertandingan menginjak menit 60. 

Menerima umpan dari tengah, Andik menggiring bola sampai ke sepertiga akhir. Ketika pemain Timor Leste melakukan penjagaan ketat, Andik melirik ke tepi lapangan dan menyodorkan umpan terobosan. Bola yang menggelinding ke dalam kotak mendarat di kaki Alfath. 

Assist Andik Vermansyah kepada Alfath Fathier saat Timnas bersua Timor Leste. (Foto:Futbal Momentum Asia - FMA/Youtube)

Pemain milik Madura United itu melakukan gerakan menipu dan menekuk bola. Tak lama kemudian, Alfath membidik tiang jauh dan melakukan tembakan. Bola yang melaju kencang gagal ditepis dengan baik oleh kiper Timor Leste dan bersarang ke dalam gawang. 

***

Semua sepakat bahwa Andik Vermansyah merupakan pemain berkualitas. Atribut yang ia miliki bakal menjadi tumpuan Timnas Indonesia sepanjang Piala AFF 2018. 

Terdekat, Andik diharapkan dapat menjadi kunci Timnas Indonesia saat melawat ke markas Thailand, Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11), untuk memainkan matchday ketiga Grup B.

Artikel Asli
Sumber: kumparan