Kabar Duka

Sumbar Berduka, Mantan Wagub Nasrul Abit Wafat

Sumbar Berduka, Mantan Wagub Nasrul Abit Wafat

Padang - Innalillahi wainnailahi rooji'un. Mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), H. Nasrul Abit Dt. Malintang Panai berpulang ke rahmatullah, Sabtu (28/08/2021) pukul 01.39 WIB di RSUP, M. Djamil Padang.

Loading...

Kepergian Nasrul Abit setelah mendapat perawatan lebih kurang sejak satu pekan belakangan di rumah sakit menjadi kabar duka yang sangat mendalam bagi masyarakat Sumbar.

Informasi wafatnya mantan Wagub Sumbar yang dulu berpasangan dengan Irwan Prayitno di dalam memimpin Sumbar langsung tersebar luas di berbagai media sosial, media online dan lainnya.

"Telah berpulang kerahmatullah salah seorang putra terbaik Pesisir Selatan dan Sumatera Barat, Bapak H. Nasrul Abit Dt. Malintang Panai Sabtu 28 Agustus 2921 pukul 01.39 WIB dinihari setelah dirawat di RSUP M Jamil Padang," kata Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Sumbar, mengabarkan dalam rilisnya, dini hari tadi.

Nasrul Abit yang lahir di Pesisir Selatan, 24 Desember 1954 telah mengabdikan diri sebagai Wakil Bupati Pesisir Selatan (2001-2006), Bupati Pesisir Selatan dua periode (2006-2016) dan terakhir sebagai Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2016 - 2021 yang berpasangan dengan Irwan Prayitno selaku Gubernur.

Rencananya, pria berperawakan tenang itu langsung dimakamkan ba'da Zuhur di pemakaman keluarga, di Labuhan Tanjak Air Haji Kecamatan Sari Linggo Baganti Kabupaten Pesisir Selatan.

"Mohon dimaafkan semua salah beliau dan mari kita doakan, semoga beliau syahid," kata Jasman lagi.

Kabupaten Pesisir Selatan mengalami kemajuan pesat saat dipimpin oleh Nasrul Abit. Sektor pariwisata menjadi pesona luar biasa. Sehingga sejak itu, saat wisatawan berkunjung ke Sumbar, tujuannya tidak saja ke Jam Gadang Bukitinggi, Istana Pagaruyung Batusangkar, Lembah Harau Limapuluh Kota, Danau Maninjau, Danau Singkarak, atau ke Batu Simaling Kundang di Padang, tapi juga ke Pantai Corocok Painan dan Jebatan Akar. Berikutnya, wisata Pessel terus bergerak maju sejak dibukanya wisata Pantai Mandeh.

Nasrul Abit yang terpilih sebagai Wagub mendampingi Irwan Prayitno periode 2016-2021 juga menjadikannya sebagai orang Pessel pertama yang menjadi pemimpin di level Provinsi Pessel. Ketika mengikuti Pilkada Sumbar 2021, Nasrul Abit yang berpasangan dengan Indra Catri masing-masing sebagai Cagub-Cawagub tidak terpilih, hanya pada peringkat dua terbanyak perolehan suaranya setelah pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy.

Sumbar dan Pessel benar-benar merasa kehilangan putra terbaiknya. Sosok pemimpin yang bersahaja. Semoga beliau husnul khatimah dan diberikan tempat terbaik oleh Sang Khalik.

Penulis ; Rio

Loading...