Temui Kafilah MTQ, Camat Payakumbuh Timur : Tak Patok Target Juara, MTQ Ajang Cari Bibit

Temui Kafilah MTQ, Camat Payakumbuh Timur : Tak Patok Target Juara, MTQ Ajang Cari Bibit

Payakumbuh --- "Niatkan berlomba untuk ibadah, beri kemampuan terbaik yang dimiliki, mengenai hasil itu bukan urusan kita, akan tetapi ketetapan dari Allah".

Loading...

Demikian pesan Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi saat berjumpa dengan Kafilah MTQ Kecamatannya sesaat jelang pembukaan MTQ Ke-39 Tingkat Kota Payakumbuh di Posko Kafilah Kecamatan Payakumbuh Timur, Jl.Khatib Sulaiman RT 01 RW 01 Kelurahan Koto Tuo Limo Kampuang Kecamatan Payakumbuh Selatan.

https://www.youtube.com/channel/UCQnFlgCdtPmKyLhP-wi4aZQ?sub_confirmation=1

Dikatakan, pihaknya tidak membebani kafilahnya dengan target yang muluk. Menurutnya, MTQ bukanlah pertandingan semata, akan tetapi sarana untuk mencari bibit handal buat mewakili Kota Payakumbuh ke jenjang yang lebih tinggi.

"Jadi juara dalam MTQ tentu sangat membanggakan, akan tetapi juara bukanlah tujuan utama. Ajang MTQ merupakan sarana kita untuk temukan bibit terbaik yang akan diorbitkan ke level provinsi, nasional atau bahkan internasional," ujar Camat Irwan.

Irwan berharap dengan tujuan demikian, maka proses perlombaan dalam MTQ akan lebih fair dan terasa nuansa kekeluargaannya. Akan ada saling asah dan saling asuh antara sesama kafilah dan juga seluruh pihak yang terlibat.

"Aneh rasanya jika ajang MTQ justru menjadi sumber perpecahan akibat adanya friksi antar peserta atau official atau terjadi kecurangan dalam penilaian. Hal ini tentu sangat bertentangan dengan semangat MTQ itu sendiri. Alhamdulillah, nuansa kekeluargaan sangat terasa pada MTQ Kota Payakumbuh kali ini," ujarnya.

Terkait adakah target untuk bisa menjadi juara umum dalam gelaran MTQ kali ini, Camat Irwan dengan tegas menjawab tidak.

"Dari awal kami tak pernah mematok target. Anak-anak hanya diminta berlomba dan memberi kemampuan terbaik yang dimiliki. Jika ditakdirkan jadi juara, Alhamdulillah. Jika tidak, tetap Alhamdulillah," pungkas Camat Irwan.

MTQ Ke-39 tingkat Kota Payakumbuh tahun 2020 telah dibuka pada Sabtu pagi (24/10) oleh Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz di Gedung Serba Guna Sawah Padang Kecamatan Payakumbuh Selatan. MTQ akan berlangsung selama dua hari.

Adapun pada gelaran MTQ Ke-38 Tingkat Kota Payakumbuh pada tahun 2018 lalu, Kecamatan Payakumbuh Timur yang bertindak selaku tuan rumah hanya berhasil menduduki peringkat kedua. Juara umum diraih oleh Kecamatan Payakumbuh Barat. (rel/timur)

Loading...