Ada Corona, Tarawih dan Buka Puasa di Istiqlal Tetap Digelar

Ada Corona, Tarawih dan Buka Puasa di Istiqlal Tetap Digelar

Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan buka puasa bersama dan salat tarawih di Masjid Istiqlal akan tetap diadakan selama bulan Ramadan meski terjadi wabah Virus Corona.

Diketahui, hari pertama bulan puasa diprediksi jatuh pada akhir April 2020.

"Sebentar lagi akan Ramadan. Kami sepakat tarawih maupun buka puasa bersama tetap diadakan sebagaimana biasa," ujar Fachrul di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3).

Meski begitu, dia mengatakan dua kegiatan itu akan dikaji ulang jika terjadi perubahan situasi yang memburuk. Namun, ia berharap hal itu tak terjadi.

Loading...

Sementara itu Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar memastikan kegiatan buka puasa dan salat tarawih akan berjalan seperti biasa. Selama ini masjid Istiqlal selalu menyediakan menu buka puasa bagi 3.000 hingga 4.000 orang.

"Insyaallah kami di bawah kontrol pihak terkait," ucapnya.

Nasaruddin juga mengantisipasi jemaah yang melakukan iktikaf atau berdiam diri di masjid selama 10 hari terakhir Ramadan.

Beberapa waktu belakangan, jumlah jemaah yang melakukan iktikaf di masjid Istiqlal lebih banyak daripada jemaah salat tarawih.

"Tiga tahun terakhir [jemaah ] lebih banyak dari tarawih," ujarnya.

"Insyaallah kami antisipasi. Mudah-mudahan tidak akan ada kejadian istimewa. Insyaallah Istiqlal dan masjid lain bisa aman," Nasaruddin menambahkan.

Artikel Asli
Sumber: CNN Indonesia

Loading...