Pengabdian Pendidikan

DOSEN TEKNIK INFORMATIKA BERSAMA DOSEN SENDRATASIK UNIVERSITAS ISLAM RIAU MELAKSANAKAN PENGABDIAN DI SMK NEGERI 2 DUMAI

DOSEN TEKNIK INFORMATIKA BERSAMA DOSEN SENDRATASIK UNIVERSITAS ISLAM RIAU MELAKSANAKAN PENGABDIAN DI SMK NEGERI 2 DUMAI

Bapak Panji, Syaifullah dan Deyoni Berfoto Bersama Siswa dan Siswi SMK Negeri 2 Dumai

Mediariau.com, Pekanbaru, 24 Agustus 2022 ~ Pengabdian masyarakat, merupakan serangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan setiap dosen sebagai salah satu syarat dari Tri Dharma.

Loading...

Pada kesempatan kali ini, dosen Teknik Informatika dari Universitas Islam Riau (UIR), bapak Panji Rachmat Setiawan, S.Kom., MMSI bersama dosen Pendidikan Sendratasik, ibu Syefriani, S.Pd., M.Pd.

melaksanakan kegiatan di SMK Negeri 2 Dumai didampingi mahasiswi dari Teknik Informatika, Deyoni Silvana dan Pendidikan Sendratasik, Deby Fiska pada hari Kamis, tanggal 18 Agustus 2022.

Kedatangan dosen – dosen disambut baik oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum bapak Arya Bakti bersama dengan guru Teknik Komputer Jaringan (TKJ) bapak Muhammad Syaifullah, S.Kom., M.Kom.

1661482297-MediaRiau com-WhatsApp Image 2022-08-22 at 8 27 32 PM

Kegiatan pengabdian dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama dibawakan oleh ibu Syefriani, S.Pd., M.Pd. dengan tajuk, “Pelatihan Make-Up Menggunakan Aplikasi Augmented Reality Di SMK Negeri 2 Dumai”.

Pada sesi pertama, ibu Syefriani memberikan pengenalan alat – alat make-up serta kegunaannya, dan dilanjutkan dengan pengaplikasiannya dengan menggunakan peraga yaitu salah satu siswi dari SMK Negeri 2 Dumai, Zahratun Nisa.

1661482320-MediaRiau com-masuk artikel 1

Pengabdian yang diberikan oleh ibu Syefriani merupakan persiapan bagi para siswa yang akan mengikuti mata pelajaran Budaya Melayu Riau, dikarenakan pada saat pengambilan nilai para siswa melaksanakan salah satu tarian dari melayu Riau, dan sebelum tarian dilaksanakan, para siswa melakukan persiapan berupa make-up tari.

1661482393-MediaRiau com-20220818 083233

Ada yang menarik dari pelaksanaan pengabdian saat ini, ibu Syefriani menggunakan aplikasi Augmented Reality dalam memberikan penjelasan.

Augmented Reality merupakan aplikasi berbasis Android, yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya sehingga menjadi satu environment.

1661482308-MediaRiau com-WhatsApp Image 2022-08-22 at 8 27 50 PM (1)

Setelah sesi dari ibu Syefriani selesai, langsung dilanjutkan sesi kedua yang dibawakan oleh bapak Panji Rachmat Setiawan, S.Kom., MMSI dengan tajuk, “Penerapan Aplikasi Augmented Reality Pada Pelatihan Make-Up Bagi Siswa Dan Siswi SMK Negeri 2 Dumai”.

Pada sesi kedua ini, bapak Panji memberikan penjelasan apa yang dimaksud dengan Augmented Reality, bagaimana kegunaan Augmented Reality pada kehidupan sehari – hari, cara menggunakan aplikasi Augmented Reality pada kegiatan make-up, dan bagaimana membuat aplikasi Augmented Reality.

1661482330-MediaRiau com-WhatsApp Image 2022-08-23 at 12 20 25 PM (3)

Setelah pelaksanaan sesi kedua, para siswa memahami apa yang dimaksud dengan Augmented Reality, penggunaan aplikasi Augmented Reality, dan bagaimana membuat aplikasi Augmented Reality.

Para siswa memiliki antusias yang sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, dan berharap dapat melaksanakan kegiatan serupa di lain hari.

1661482339-MediaRiau com-WhatsApp Image 2022-08-18 at 7 02 24 PM

Puji dan syukur diucapkan kepada Allah SWT, karena atas pertolongan dan perlindungan-Nya lah kegiatan pengabdian ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar tanpa menemui kendala sedikitpun.

Bahkan pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat kali ini mendapatkan respon yang sangat baik dari para siswa dan pihak sekolah, sehingga ada permintaan untuk dilaksanakan Pengabdian Masyarakat lainnya di waktu yang akan datang.

 

Loading...